Perekonomian Sulsel unggul di sektor pertanian

Kamis, 07 November 2013 - 16:05 WIB
Perekonomian Sulsel unggul di sektor pertanian
Perekonomian Sulsel unggul di sektor pertanian
A A A
Sindonews.com - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel Zulkarnain Arief mengatakan, pertumbuhan sektor pertanian merupakan hal wajar. Sebab perekonomian Sulsel salah satunya berbasis sektor tersebut. Sehingga ketika terjadi krisis dan tekanan rupiah, maka Sulsel tidak merasakan dampaknya.

“Komoditas kita memang unggul di pertanaian, termasuk jangung beras dan cokelat. Ini belum termasuk kedelai yang diprediksi menghasilkan 20 ribu ton kedelai pasca penanaman 10 ribu hekatre di Wajo oleh pemerintah pusat,” katanya.

Meski demikian, pihak terkait lanjutnya tidak boleh berpuas hati. Dia berharap sektor ini bisa lebih maksimal lagi seperti penggarapan buah lokal dan pengembangan rumput laut. Pembinaan pun harus dilakukan agar terjadi kepastian harga yang tidak merugikan petani.

“Sekarang ini rumput laut kita baru diolah menjadi tiga jenis. Harapan kita ke depan bisa dijadikan sampai 15 jenis dengan mendirikan pabrik pengolahan langsung di daerah ini. Ini yang harus didorong oleh pemerintah,” jelasnya.

Sementara itu, Kadis Pertanian Lutfie Halide mengatakan untuk 2013 ini, pihaknya menargetkan produksi padi hingga 5,3 juta gabah kering giling dan jagung mencapai 1,8 juta.

Lutfie optimis alih fungsi lahan yang terjadi dibeberapa daerah tidak akan mempengaruhi ketahanan pangan Sulsel. Sebab saat ini pihaknya melakukan langkah strategis agar mampu mempertahankan hasil produksi, yakni dengan melakukan pencetakan sawah baru. Khusus 2013, Sulsel mencetak sekitar 4.600 hektare sawah baru.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7612 seconds (0.1#10.140)