Astra Honda bangun pembangkit mikrohidro ke-4

Rabu, 13 November 2013 - 14:41 WIB
Astra Honda bangun pembangkit mikrohidro ke-4
Astra Honda bangun pembangkit mikrohidro ke-4
A A A
Sindonews.com - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali mengimplementasikan komitmennya dalam pemberdayaan masyarakat dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 20.000 watt untuk masyarakat di sekitar Desa Tamblang, Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali. Pembangunan PLTMH ini dilakukan dengan memanfaatkan aliran sungai O’ot.

“AHM membangun saluran pipa pembawa air yang bermuara di sebuah rumah turbin,” kata Head of Corporate Communication AHM Kristanto dalam rilisnya di Jakarta, Rabu (13/11/2013).

Dia melanjutkan, di lokasi ini, air menggerakkan turbin yang menghidupkan generator sehingga menghasilkan listrik yang disalurkan ke unit-unit usaha kecil menengah yang ada di Desa Tamblang.

Kristanto menuturkan, sumber listrik energi alternatif Pulau Dewata ini merupakan PLTMH ke-4 yang dibangun AHM setelah PLTMH di Kasepuhan Ciptagelar, Sukabumi dan Pekon Tuguratu serta Banding Agung di Lampung Barat.

“PLTMH di Kubutambahan Bali ini dikembangkan oleh AHM bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana,” papar dia.

Menurut dia, melalui pembangunan PLTMH ini, AHM berharap dapat mendorong masyarakat di sekitar lokasi pembangkit listrik dapat melakukan aktivitas produktif guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan. Selain itu, masyarakat setempat diharapkan mempunyai rasa kebersamaan dalam pengelolaan dan pemeliharaan PLMTH sebagai aset daerah yang berharga.

“Kami berharap masyarakat lokal dapat memanfaatkan PLTMH ini sebagai sarana menuju kehidupan yang lebih baik, lebih produktif dan mandiri dalam usahanya meraih kesejahteraan. Jika selama ini mereka masih menggunakan energi berbahan bakar fosil namun sekarang sudah menggunakan sumber energi terbarukan dengan mikrohidro,” jelas Kristanto.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5905 seconds (0.1#10.140)