Wajib Tahu, Ini Jenis Investasi Aman dan Menguntungkan untuk Pemula

Jum'at, 24 Juni 2022 - 09:48 WIB
loading...
Wajib Tahu, Ini Jenis Investasi Aman dan Menguntungkan untuk Pemula
Foto kredit. Freepik
A A A
Investasi kini tak hanya dilakukan oleh kalangan usia matang saja, akan tetapi kalangan anak muda atau pekerja pemula pun sudah mulai melirik investasi sebagai cara pengembangan aset menjanjikan untuk masa depan.

Beragam cara investasi kini sangat mudah dilakukan, karena tersedia banyak platform yang menyediakan fasilitas atau ruang untuk berinvestasi dengan aman dan mudah. Tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar, berikut adalah jenis investasi bagi kamu pemula yang ingin memulai investasi untuk jangka panjang.

Deposito
Deposito merupakan salah satu bentuk investasi berjangka yang cocok buat kamu pemula yang ingin memulai berinvestasi dalam jangka waktu yang kamu tentukan sendiri. Investasi ini sangat cocok bagi pemula, karena deposito dikenal sebagai salah satu jenis investasi yang aman dan minim risiko. Keuntungan yang diberikan deposito biasanya berbeda-beda tergantung kebijakan bank tertentu.

Jangka waktunya sendiri bermacam-macam. Ada bank yang menawarkan deposito mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan hingga 24 bulan lamanya. Semakin lama periodenya maka semakin besar pula penawaran bunga yang akan kamu dapatkan. Nah, bagi kamu yang ingin memulai berinvestasi jangka pendek, kamu bisa mencoba investasi deposito ini.

Asuransi
Investasi dalam bentuk Asuransi merupakan salah satu jenis investasi yang gaungnya berkembang pesat dan diminati oleh banyak masyarakat. Tidak hanya di Indonesia, investasi Asuransi juga sangat diminati di seluruh dunia karena menawarkan beragam produk-produk asuransi, seperti, proteksi kesehatan, pendidikan hingga jaminan hari tua.

Bagi kalangan anak muda, biasanya lebih memilih investasi asuransi proteksi kesehatan. Pasalnya, asuransi jenis ini akan sangat bermanfaat ketika kamu perlu membayar tagihan biaya rumah sakit ketika sedang mengalami sakit. Selain karena manfaatnya, juga biaya premi di usia muda masih relatif murah jika dibandingkan dengan biaya premi di usia matang.

Emas
Emas merupakan salah satu jenis investasi yang paling banyak diminati. Pasalnya, harga emas setiap tahunnya akan naik meskipun mengalami fluktuatif. Jika harga emas mengalami penurunan, jumlahnya pun tidak akan signifikan sehingga risikonya pun terbilang minim. Investasi emas ini sangat cocok untuk kamu anak muda atau pemula yang ingin memulai investasi untuk jangka panjang. Selain dapat disesuaikan dengan bujet kamu, emas juga sangat mudah untuk dijual kembali untuk kebutuhan dana yang mendadak.

Jika kamu ingin investasi jangka panjang, kamu bisa mulai berinvestasi emas mulai dari 10-20 tahun agar keuntungan yang bisa kamu dapatkan juga lebih banyak ya.

Reksadana
Buat kamu pemula, ada satu lagi jenis investasi yang perlu kamu pertimbangkan. Yakni investasi reksadana yang merupakan jenis investasi mudah, aman dengan modal yang bisa kamu sesuaikan dengan bujet kamu.

Keuntungan dari investasi reksadana juga cukup menjanjikan, bisa mencapai hingga 20 persen setiap tahunnya lho. Kamu tak perlu bingung mempelajari bagaimana uang kamu bisa berkembang, karena uang yang kamu investasikan di reksadana sendiri akan dikelola oleh manajer investasi profesional dari modal yang kamu investasikan di pasar uang. Meskipun keuntungan yang bisa kamu dapatkan cukup menjanjikan, namun semuanya bergantung pada harga instrumen investasi pasar uang saat itu. Semua jenis investasi tentu saja memiliki resikonya masing-masing, tinggal kembali lagi kepada diri kamu, jenis investasi apa yang sekiranya cocok untuk kamu di masa depan.

Kini, tersedia banyak platform atau ruang yang bisa dipilih untuk investasi kamu. Salah satunya adalah adalah Tokopedia yang kini hadir untuk membantu masyarakat yang ingin memulai berinvestasi dengan aman dan nyaman. Di Tokopedia tersedia investasi emas mirip seperti sistem menabung emas konvensional pada umumnya. Kamu dapat membeli, menabung, dan menjual emas yang dimiliki kapan saja saat harga pasar dirasa menguntungkan. Selain itu investasi reksadana di Tokopedia juga aman, karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, yang artinya sah menjual reksadana. Yuk, mulai investasi sejak dini!
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1008 seconds (0.1#10.140)