Jalan Seturan akan dibuat satu arah

Rabu, 20 November 2013 - 11:55 WIB
Jalan Seturan akan dibuat satu arah
Jalan Seturan akan dibuat satu arah
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman akan menjadikan ruas Jalan Seturan, Babarsari, Depok, Sleman, menjadi satu arah. Langkah ini diambil, karena jalan tersebut sudah sangat padat.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Sleman Agoes Susilo Endiarto mengatakan, secara umum hampir seluruh ruas jalan utama di Sleman memiliki koefisien kepadatan yang tinggi. Karena itu, pemberlakuan kebijakan jalan satu arah akan diuji coba di beberapa tempat. Terutama pada saat jam sibuk.

“Namun untuk jalan satu arah permanen di Seturan, rencananya tidak hanya saat jam sibuk. Namun menjadi permanen,” kata Agus, di ruang kerjanya, Rabu (20/11/2013).

Agus menjelaskan, untuk jalan yang diuji coba satu arah saat jam sibuk, di antaranya Jalan Monjali, Kentungan, dan Gejayan. Di tiga ruas jalan ini sudah terasa kemacetannya saat jam masuk kerja, maupun jam pulang kerja.

“Kami melihat arus di sana sangat padat, makanya kami akan buat satu arah. Kami sedang ajukan perihal pemberlakukan jalur satu arah ini,” jelasnya.

Dishubkominfo Sleman sendiri beberapa waktu lalu menerapkan sistem satu arah pada jam sibuk di Jalan Godean. Yakni pukul 07.00 WIB hingga 08.30 WIB. Selain untuk mengurangi kemacetan, hal ini dilakukan juga karena ada perbaikan jalan di daerah Jalan Godean, tepatnya di depan Mirota Godean.

“Namun setelah pekerjaan itu selesai, mulai Senin 18 Januari, Jalan Godean kembali menjadi dua arah,” paparnya.

Jalan satu arah sebelumnya berlaku untuk simpang empat Demak Ijo, hingga pertigaan Jati Kencana Jalan Godean. Jalan sepanjang 1,5 kilometer tersebut, ditutup pada pukul 06.30-07.30 WIB mulai Rabu-Minggu dan Senin pemberlakuan jalan satu arah pada pagi hari tersebut dicabut.

“Secara garis besar, penerapan satu arah di Jalan Godean berhasil memecah kemacetan. Sehingga kami akan menerapkan satu jalur pada jam sibuk di beberapa ruas jalan lainnya,” terangnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8559 seconds (0.1#10.140)