Menkop UKM: Belanja Pemerintah Rp735 Triliun Diarahkan ke UMKM

Kamis, 25 Juni 2020 - 13:09 WIB
loading...
Menkop UKM: Belanja Pemerintah Rp735 Triliun Diarahkan ke UMKM
Menkop UKM Teten Masduki mengatakan bahwa sekitar Rp735 triliun belanja pemerintah akan diarahkan kepada UMKM. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus mendorong penyelamatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan ada sekitar Rp735 triliun belanja pemerintah yang akan diarahkan kepada UMKM.

Menurutnya hal tersebut akan efektif membantu UMKM yang saat ini kehilangan permintaan akibat menurunnya konsumsi masyarakat di tengah pandemi covid-19.

"Kami melihat ada Rp735 triliun belanja pemerintah tahun ini yang bisa dibelanjakan untuk produk UMKM, ini sudah kita bahas dengan Presiden untuk penyalurannya," ujar Teten di Jakarta, Kamis (24/6/2020).

(Baca Juga: Gara-gara Corona, 54% UMKM Tak Mampu Bayar Cicilan)

Dia melanjutkan, dengan anggaran itu bisa memberikan pelatihan dalam menyusun paket pengadaan dan bagaimana pengadaan produk UMKM. Anggaran itu dialirkan untuk menyelamatkan UMKM yang terdampak covid-19.

"Kita telah bekerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) untuk meluncurkan situs khusus yang di dalamnya terdapat e-catalog produk-produk UMKM," jelasnya.

Dia pun mendorong kampanye tagar "Bangga Buatan Indonesia" selain mendorong belanja pemerintah ke produk UMKM. "Kesetiakawan dan komitmen agar belanja produk UMUM akan mendongkrak demand produk UMKM," tegasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)