Rugi Rp38,78 T di Triwulan I, Bos PLN Optimis Bisa Bertahan Asal...

Kamis, 25 Juni 2020 - 13:23 WIB
loading...
Rugi Rp38,78 T di Triwulan I, Bos PLN Optimis Bisa Bertahan Asal...
Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini. Foto/Dok. PLN/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Rapat dengar pendapat (RDP) yang digelar Komisi VI DPR bersama Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini tidak hanya membahas pencairan utang pemerintah ke BUMN. Rapat tersebut juga membahas kerugian yang dialami PLN selama triwulan I/2020 yang mencapai Rp38,78 triliun.

Dalam rapat tersebut Zulkifli mengatakan, kerugian di triwulan pertama ini merupakan kerugian yang sifatnya rugi kurs. Dia menjelaskan, ada perbedaan kurs dolar pada 31 Desember 2019 dengan 21 Maret 2020 saat laporan keuangan disampaikan.

"Berdasarkan praktik korporasi, harga kurs sebagai basis perhitungan ditetapkan sesuai dengan harga dolar saat laporan keuangan dibuat," terangnya kepada anggota dewan dalam rapat tersebut, Kamis (25/6/2020).

Meski merugi, Zulkifli mengaku optimis PLN bisa bertahan hingga akhir tahun. Dengan syarat, pemerintah membayarkan kompensasi utang sebesar Rp45,42 triliun.

(Baca Juga: Pemerintah Punya Utang Rp45,42 Triliun ke PLN, Ini Rinciannya)

"Saya optimis jika utang itu dibayarkan oleh pemerintah, PLN akan bertahan. Dana itu tentunya akan menyelamatkan kondisi keuangan perusahaan," tegasnya.

Zulkifli juga menjelaskan untuk menyehatkan kondisi keuangan, PLN juga telah mengupayakan pinjaman internasional dengan bunga rendah di pasar global. Selain itu, PLN juga telah bekerja sama dengan himpunan bank milik negara (Himbara) yang memberikan dana sebesar Rp28 triliun.

"Perusahaan terus menjaga likuiditas keuangan secara bijaksana dan konservatif. Berbagai cara dilakukan untuk menstabilkan keuangan perusahaan," tegasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1376 seconds (0.1#10.140)