Pelemahan rupiah bikin pertumbuhan industri melambat

Kamis, 12 Desember 2013 - 13:19 WIB
Pelemahan rupiah bikin pertumbuhan industri melambat
Pelemahan rupiah bikin pertumbuhan industri melambat
A A A
Sindonews.com - Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) dan kondisi perekonomian global yang masih belum membaik, akan membuat proyeksi pertumbuhan industri pada akhir tahun ini akan melambat.

Wakil Menteri Perindustrian, Alex Retraubung mengatakan, perlambatan pertumbuhan industri menjadi di bawah 6 persen ini merupakan bentuk penyesuaian dalam menyikapi kondisi-kondisi tersebut.

"Berarti pada akhir tahun hanya 0,3 persen di atas pertumbuhan ekonomi Indonesia dari sebelumnya 6,52 persen," ujar Alex di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis (12/12/2013).

Dia juga mengatakan, pertumbuhan industri pada 2014 dirasakan akan lebih berat dikarenakan belum pulihnya perekonomian global. "Namun, ada yang tetap berkembang seperti non migas dan furnitur serta alas kaki," terangnya.

Pihaknya berharap, hilirisasi industri dapat segera dilakukan agar pertumbuhan industri tetap terpacu walaupun pertumbuhan ekonomi terpukul, karena dampak perekonomian global sekarang ini.

"Karena salah satu esensinya kita ingin setiap bahan baku yang kita punya diolah di dalam negeri dan enggak boleh diperdagangkan ke luar negeri," pungkas Alex.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5971 seconds (0.1#10.140)