Joe Biden Sematkan Penghargaan Sipil Tertinggi kepada Mendiang Steve Jobs hingga Denzel Washington

Senin, 04 Juli 2022 - 18:40 WIB
loading...
Joe Biden Sematkan Penghargaan Sipil Tertinggi kepada Mendiang Steve Jobs hingga Denzel Washington
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memberikan penghargaan anumerta Presidential Medal of Freedom kepada sejumlah tokoh. FOTO/Ist
A A A
JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memberikan penghargaan anumerta Presidential Medal of Freedom kepada sejumlah tokoh seperti artis Hollywood hingga mantan senator, di mana salah satu penghargaan tersebut diberikan kepada mendiang pendiri Apple Steve Jobs .

Penghargaan anumerta Steve Jobs itu diumumkan langsung di Gedung Putih (White House) AS pada Jumat waktu setempat. Presidential Medal of Freedom adalah penghargaan tertinggi AS yang bisa diberikan bagi warga sipil.

Mengutip laman resmi White House, Senin (4/7/2022), medali tersebut merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah AS ke warga sipil sebagai perayaan tertinggi dari kontribusi yang sangat berjasa bagi keamanan atau kepentingan negara, perdamaian dunia, kebudayaan dan kepentingan publik atau swasta.



Berdasarkan laporan, hanya 647 orang yang menerima penghargaan sejak pertama kali medali disematkan oleh Presiden John F Kennedy pada tahun 1963, dan hanya 26 orang yang dianugerahi penghargaan spesial tersebut.

Pemerintah AS mendeskripsikan Steve Jobs sebagai co-founder, chief executive, chair dari Apple, serta CEO Pixar dan punya peran pemimpin di Walt Disney Company.

"Visi, imajinasi, dan kreativitasnya menghasilkan penemuan yang telah dan terus mengubah cara dunia berkomunikasi, serta mengubah industri komputer, musik, film, dan nirkabel," seperti dikutip White House, (4/7/2022).

Steve Jobs mendirikan Apple pada April 1976 dan sejak itu, perusahaan teknologi itu menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. Pria yang lahir 1955 itu memutuskan mengundurkan diri dari perusahaannya 10 tahun setelah didirikan.

Lalu pada 1997 dia bergabung lagi dengan Apple dan memimpin pengembangan produk. Termasuk di antaranya iPhone. Selain Apple, Jobs juga diketahui merupakan salah satu pendiri perusahaan film animasi, Pixar.

Perusahaan saat ini menjadi bagian dari Disney. Setelah berjuang melawan penyakit kanker, Steve Jobs menghembuskan napas terakhirnya pada usia ke-56 tahun tahun 2011 lalu.



Selain pendiri Apple, dua tokoh yang sudah meninggal dan menerima penghargaan anumerta (setelah meninggal) dari Joe Biden adalah mendiang John McCain dan mendiang Richard Trumka. Sejunlah tokoh lain yang juga menerima Presidential Medal of Freedom termasuk Simone Biles, Gabrielle Giffords, Fred Gray, Khizr Khan, Diane Nash, Alan Simpson, dan aktor Denzel Washington.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)