alexametrics

Belanja pegawai kabupaten Blitar capai Rp1,1 T

loading...
Belanja pegawai kabupaten Blitar capai Rp1,1 T
Ilustrasi/Ist
A+ A-
Sindonews.com - Anggaran Belanja pegawai di Kabupaten Blitar tahun 2014 mencapai Rp 1,1 triliun. Alokasi tersebut mutlak mengalahkan pos anggaran lainnya.

Menurut keterangan Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar Palal Ali Santoso, mayoritas anggaran terserap untuk kebutuhan gaji dan honor pegawai.

"Ini meliputi pegawai negeri dan honorer. Nominal ini lebih besar dari 2013 sebesar Rp900 miliar," ujarnya kepada wartawan, Senin (16/12/2013).



Sementara, kekuatan anggaran di Kabupaten Blitar pada 2014 mencapai Rp1,6 triliun. Menurut Palal, tingginya anggaran belanja pegawai disebabkan Kabupaten Blitar sebagai daerah pelayanan.

Anggaran yang tersedia lebih banyak terserap untuk peningkatan sumber daya manusia. "Di antaranya adalah sertifikasi guru yang jumlahnya cukup besar di Kabupaten Blitar," jelasnya.

Sementara untuk belanja langsung atau belanja modal lebih banyak terfokus pada proyek fisik. Yakni pada 2014 dialokasikan sebesar Rp500 miliar.

“Meski volume pekerjaan tetap, namun nilai pekerjaan fisik yang ada naik bila dibandingkan 2013 sebesar Rp496 miliar,” pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Abdul Munib mengharapkan para pegawai bisa optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Sebab pada prinsipnya mereka adalah abdi masyarakat. Karenanya digaji tinggi untuk melayani masyarakat," ujarnya.
(gpr)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak