Tips Membangun Personal Branding Pemasaran UMKM di Media Sosial

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:30 WIB
loading...
Tips Membangun Personal Branding Pemasaran UMKM di Media Sosial
Pekerja memotret kerajinan dari bahan limbah batok kelapa yang akan dipasarkan secara daring di medsos. FOTO/ANTARA/Arif Firmansyah
A A A
JAKARTA - Personal branding sering dikaitkan dengan kemampuan seseorang membangun keahlian, kepercayaan, dan nilai yang dianggap menarik oleh orang lain. Personal branding didefinisikan sebagai suatu proses membentuk persepsi masyarakat terhadap aspek yang ada dalam diri.

Aspek tersebut berupa kepribadian, kemampuan, dan nilai untuk membangun persepsi positif pada masyarakat. Pentingnya personal branding dalam diri seseorang untuk dikenal banyak orang, menarik, dan memiliki karakteristik yang berbeda dari orang lain.

Personal branding merupakan aktivitas untuk membangun sisi profesional seseorang di hadapan orang lain, organisasi, dan perusahaan. Selain itu, pengertian personal branding yang lain adalah aktivitas atau strategi yang dipakai, untuk mengubah pandangan orang lain. Personal branding penting untuk menciptakan hubungan baik dengan orang lain dan membangun kepercayaan.

Personal branding dapat digunakan untuk memperkuat dan mempertahankan eksistensi diri. Ada beberapa aspek untuk mempengaruhi personal branding yaitu pendidikan, gaya, dan perilaku sehari-hari.



Dalam membangun personal branding pemasaran seperti UMKM harus jelas meliputi produk, harga, tempat, dan promosi. Contohnya, produk mengacu pada kemampuan, ketrampilan, dan karya. Harga mencakup apresiasi dan penghargaan atas hasil karya. Tempat berkaitan dengan kanal yang dipakai untuk membagikan produk.

"Tempat ini penting supaya orang mudah mengakses produk dan menentukan media promosi untuk mengangkat harga jual pada audiens. Anda dituntut untuk kreatif, inovatif dan produktif membangun hubungan dengan audiens," kata Anggota Komisi I DPR Nurul Arifin dalam acara webinar Aptika Kominfo, baru-baru ini.

Berikut tips membangun personal branding pemasaran di media sosial.

1. Mengenali Diri Sendiri
Personal branding yang kuat hanya bisa didapatkan oleh individu yang mampu mengenali dirinya sendiri dengan baik. Apa saja kelebihan dan kelemahan.

2. Menentukan Tujuan
Tujuan yang jelas sangat penting agar kita tahu arah kemana harus pergi dan apa yang harus dilakukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2830 seconds (0.1#10.140)