alexametrics

Ekonomi Vietnam tahun ini tumbuh 5,42%

loading...
Ekonomi Vietnam tahun ini tumbuh 5,42%
Ilustrasi/Foto: Istimewa
A+ A-
Sindonews.com - Ekonomi Vietnam tumbuh sebesar 5,42 persen pada 2013, menambah sedikit kecepatan setelah mengalami kinerja terburuk dalam lebih dari satu dekade di tahun sebelumnya.

Dilansir dari AFP, Senin (23/12/2013), Kantor Statistik Umum Vietnam, GSO melaporkan, pertumbuhan nyaris mencapai target pemerintah sebesar 5,5 persen, menunjukkan tanda-tanda pemulihan dibandingkan 2012 ketika produk domestik bruto (PDB) datang di angka 5,25 persen, terendah dalam 13 tahun.

Pemerintahan komunis Vietnam sedang berjuang dari sejumlah kesengsaraan ekonomi, termasuk permintaan domestik yang lamban, sektor perbankan terbebani dengan tingginya utang bermasalah dan rekor jumlah kebangkrutan.



Pada Mei, bank sentral menurunkan suku bunga untuk kedelapan kalinya dalam lebih dari satu tahun, sebagai upaya untuk memacu pinjaman dan meningkatkan konsumsi.

Pihak berwenang berulang kali menaikkan suku bunga pada 2011 untuk mendinginkan ekonomi dan mengendalikan inflasi dua digit, tapi tahun lalu dipaksa berbalik arah untuk langkah-langkah stimulus.

Inflasi Vietnam melambat menjadi sekitar 6,04 persen pada 2013, dari tahun sebelumnya 6,81 persen, kata GSO. Namun, mereka memperingatkan potensi risiko kebangkitan harga konsumen.

Pihak berwenang Vietnam menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,8 persen pada 2014.
(dmd)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak