alexametrics

APBD Kabupaten Blitar terserap Rp1,5 triliun

loading...
APBD Kabupaten Blitar terserap Rp1,5 triliun
Ilustrasi/Ist
A+ A-
Sindonews.com - Penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013 Kabupaten Blitar mencapai Rp1,5 triliun atau 93,11 persen dari total kekuatan anggaran Rp1,7 triliun.

Menurut keterangan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Pemkab Blitar, Mahadin, nilai penyerapan yang ada masih bisa meningkat lagi. "Sebab angka yang ada sekarang ini berdasarkan penghitungan minggu lalu," ujarnya kepada wartawan, Minggu (29/12/2013).

Secara akuntatif, untuk belanja tidak langsung tergunakan 94 persen. Kemudian dari total yang ada, untuk belanja langsung sebesar 91,53 persen.



Sisa anggaran, kata Mahadin, akan masuk ke dalam pos Sisa Lebih Anggaran (Silpa) jika memang di akhir tahun tidak terserap sepenuhnya. "Namun dari sisa waktu yang ada ini akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk penyerapan anggaran yang ada," jelas Mahadin.

Hingga kini masih ada sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang masih dalam proses penyerapan. Mahadin mengaku terus mengimbau kepada pimpinan SKPD bersangkutan untuk segera menuntaskan target yang ada.

"Sisa pagu anggaran hingga saat ini masih berjalan. Karenanya kami berharap bisa tuntas sesuai target," pungkasnya.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Abdul Munib, penyerapan APBD bisa terlaksana sesuai target dan capaian kinerja. "Karenanya yang perlu dilakukan SKPD saat ini adalah menyiapkan masing-masing program kerja awal," ujarnya singkat.
(gpr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak