alexametrics

Harga beras di DIY mulai naik

loading...
Harga beras di DIY mulai naik
ilustrasi/ist
A+ A-
Sindonews.com - Memasuki 2014, harga beras di sejumlah pasar di DI Yogyakarta (DIY) mengalami kenaikan Rp200 per kilogram (Kg). Kenaikan harga beras tersebut terpantau di Pasar Bringharjo dan Pasar Kranggan Yogyakarta.

Beras kualitas I dari sebelumnya Rp8.500 per kg naik menjadi Rp8.700 per kg. Sementara, beras kualitas II, naik dari Rp8.000 per kg menjadi Rp8.200 per Kg. "Kenaikan harga beras karena persedian berkurang," kata pengawas peredaran barang dan perlindungan konsumen Disperindagkop dan UMKM DIY, Sugiyono, Kamis (2/1/2014).

Menurutnya, stok beras mengalami pengurangan karena curah hujan dengan intensitas tinggi terjadi di DIY. Akibatnya, petani enggan menjemur padi yang kemudian terlambat masuk pengilingan.



Pihaknya memprediksi, harga beras akan terus merangkak naik jika kondisi cuaca tidak mendukung. "Kalau hujan terus, harga beras akan naik lagi," ujarnya.

Sugiyono mengatakan, untuk mencukupi kebutuhan beras di DIY terpaksa harus mengambil beras dari provinsi lain, seperti Jateng. "Pedagang sebagian mengambil beras dari Kabupaten Purworejo," ungkap dia.

Selain beras, harga sejumlah sembako masih tinggi. Di dua pasar yang dipantau tersebut, untuk telur ayam harganya berkisar Rp17.000 sampai Rp18.000 per Kg. Harga itu sudah bertahan sejak menjelang Natal hingga sekarang belum beranjak turun.
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak