Pelindo I gandeng Pelni tingkatkan pelayanan

Senin, 20 Januari 2014 - 15:59 WIB
Pelindo I gandeng Pelni tingkatkan pelayanan
Pelindo I gandeng Pelni tingkatkan pelayanan
A A A
Sindonews.com - PT Pelindo I menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) tentang Kerjasama Penggunaan Terminal Penumpang di Pelabuhan Belawan, hari ini.

Kerja sama ini merupakan wujud sinergi BUMN untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat pengguna jasa transportasi laut di Pelabuhan Belawan. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Pelindo I Syahputra Sembiring dan Direktur Utama PT Pelni Syahril Japarin.

"Pelayanan ke publik harus diutamakan. Jika PT Pelni mau melakukan perubahan untuk meningkatkan pelayanan publik, maka perubahan harus dilakukan secara revolusioner," kata Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana, Senin (20/1/2014).

Menurutnya, peningkatan pelayanan kepada publik bisa belajar dari BUMN lain yang telah berhasil seperti PT Kereta Api Indonesia. Peningkatan pelayanan di pelabuhan dapat dilakukan dengan penataan secara tertib kepada penumpang melalui ticketing dan perbaikan sistem kargo.

Dia menjelaskan, MoU ini menjadi langkah awal untuk perubahan peningkatan pelayanan publik di pelabuhan oleh PT Pelni dan Pelindo I. "Dan perubahan yang dilakukan harus revolusioner," ujarnya.

Sementara, Syahril mengakui bahwa PT Pelni perlu banyak melakukan perubahan untuk meningkatkan kinerja pelayanan kepada para pengguna jasa transportasi laut.

"Tahun ini, kami sedang berupaya meningkatkan kinerja pelayanan operasional kapal, baik embakarsi maupun debarkasi penumpang, bongkar dan muat barang Pelni di seluruh Indonesia," kata dia.

Syahril mengatakan, bahwa PT Pelni akan melakukan banyak perubahan dalam sistem pelayanan untuk meningkatkan pelayanan kepada publik yang meliputi embarkasi seperti ticketing dan bidang lainnya. Penandatangan MoU dengan Pelindo I merupakan project awal melakukan perubahan selanjutnya di Pelni.

"Sebagai sesama BUMN, kami mohon dukungan Pelindo I untuk perubahan-perubahan yang akan kami lakukan supaya kinerja pelayanan lebih baik lagi. Semoga Pelindo I dan PT Pelni dapat bersinergi dengan baik," tuturnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4740 seconds (0.1#10.140)