4 Fakta di Balik Kunjungan Menteri Investasi Bahlil ke Holywings

Sabtu, 16 Juli 2022 - 16:42 WIB
loading...
4 Fakta di Balik Kunjungan Menteri Investasi Bahlil ke Holywings
Intip 4 fakta di balik kunjungan Menteri Investasi atau Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia ke salah satu outlet Holywings di Gunawarma, Senopati. Foto/SINDO Photo
A A A
JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia melakukan kunjungan ke salah satu outlet Holywings Gunawarma, Senopati, Jakarta Selatan, kemarin mahal. Tujuan Bahlil adalah peninjauan lapangan kegiatan usaha Holywings Group serta melakukan pertemuan dengan pihak Holywings secara tertutup.

"Kita hari ini melakukan rapat koordinasi, datang langsung di lapangan dan melihat secara fair apa yang sesungguhnya terjadi," ujar Bahlil kepada wartawan di outlet Holywings Senopati, Jumat (15/7) malam.

Baca Juga: Pemkot Bekasi Pantau Aktivitas Holywings Summarecon

Adapun yang hadir dalam rapat kordinasi yakni, pihak Holywings Group dan perwakilan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yang diwakili oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP); Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM); Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Satuan Polisi Pramong Praja (Satpol PP).

Dalam pertempuan tersebut, Bahlil mengatakan jika pihak Holywings mengakui bahwa ada beberapa izin usaha yang belum terselesaikan. Dari kunjungan Bahlil ke Holywings, ada beberapa fakta yang harus diketahui:

1. Perihal Perizinan

Dari hasil pertemuan tersebut, Bahlil menyebut pihak Holywings Holywings mengakui bahwa ada beberapa izin yang belum terselesaikan. Holywings juga mengakui adanya kesalahan dalam cara kreativitas promo yang mereka lakukan.

Baca Juga: Apakah Seluruh Outlet Holywings Bakal Ditutup? Begini Kata Menteri Bahlil

Namun, Bahlil mengaskan jika proses hukum akan terus dilakukan. "Tapi kami bersepakat, baik dari pemerintah DKI Jakarta, BKPM maupun teman-teman dari Holywings, bersepakat bahwa aturan kita harus tegakan," ungkapnya.

Dirinyapun menegaskab bahwa tidak ada yang boleh main-main terhadap aturan. Selain itu, tidak boleh melakukan tindakan kreativitas yang melebihi batas dari suasana kebatinan umat beragama.

2. Bahlil Kordinasi dengan Pemda DKI

Bahlil mengatakan kedatangannya ke Holywings baru sekedar 'belanja masalah'. Kedepannya Bahlil akan melakukan kordinasi teknis dengan Pemda DKI untuk mencari solusi terbaik.

"Menyangkut dengan persoalan izin, hari ini saya baru belanja masalah, saya akan melakukan koordinasi teknis, rapat lagi dengan Pemda DKI untuk mencari apa solusi terbaiknya," ujar Bahlil.

Menurutnya, persolan tersebut harus memikirkan terhadap kelangsungan pekerja dan dampak penutupnya.

"Sebab ini bukan persoalan bagaimana satu sisi kita menutup, tapi juga ada hal lain yang harus kita pikirkan bersama terkait dengan lapangan pekerjaan dan dampak dari penutupan ini," katanya.

"Soalnya ada sekiatar 3.000.000 lebih lapangan pekerjaan, diluar itu ada umkm-umkm kita juga yangg harus kita pikirkan," tambahnya.

3. Alasan Bahlil Lakukan Kunjungan ke Holywings

Bahlil mengatakan, kedatangannya ke Holywings merupakan inisiasi sebagai Menteri Investasi. "Saya cuma sebagai kewajiban karena izin itu adalah dari OSS (One Single Submission)," katanya.

Bahlil menjelaskan terkait sistem perizinan usaha tersebut diatur dalam sistem elektronik Online Single Submision (OSS). Dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menyampaikan perizinan Holywings melalui sistem OSS dan kewenangan menjawab OSS itu adalah Kementerian Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Bahlil menampik jika oertemuan tersebut permintaan dari pihak Holywings. "Mana ada (Isu Kunjungannya ke Holywings atas permintaan dari pihak Holywings), nggak ada yang minta saya, saya juga tidak kenal (pemilik) Holywings siapa. Mana bisa perintah-perintah Menteri Investasi, " ujar Bahlil kepada wartawan di outlet Holywings Gunawaeman, Senopati, Jumat (15/7/2022).

"Kewenangan menjawab OSS itu Kementrian Investasi dan pemimpinya saya. Jadi ini sebagai bentuk dari kami untuk urus," tegasnya.

4. Bahlil Sebut Permasalahan Holywings Jadi Pembelajaran

Bahlil mengatakan permasalahan yang terjadi di Holywing harus menjadi pelajaran bagi pihak pemerintah dalam melakukan pengawasan dan pihak pengusaha untuk mematuhi aturan yang berlaku.

"Ini pelajaran untuk kita semua. Kita ambil hikmah dari ini pelajaran," ungkapnya.

Kedepannya Bahlil menegaskan bahwa tidak ada yang boleh main-main terhadap aturan. Selain itu, tidak boleh melakukan tindakan kreativitas yang melebihi batas dari suasana kebatinan umat beragama.

(akr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3770 seconds (11.210#12.26)