alexametrics

DIY optimis harga beras tetap terjaga

loading...
DIY optimis harga beras tetap terjaga
Ilustrasi/Koran Sindo
A+ A-
Sindonews.com - Pemerintah Daerah DIY optimistis bisa menjaga stabilitas harga beras dan gula di wilayahnya. Meski kecenderungan harga mengalami kenaikan pada musim hujan, namun harga dua komoditas tersebut masih relatif bisa dijaga.

Salah satu alasan dua komoditas tetap terjaga stabil karena stoknya masih aman, bahkan sampai 6,5 bulan ke depan.

Ketua III Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY Arief Budi Santoso mengatakan, untuk komoditas beras, stok yang terdapat di Bulog mencapai 31.900 ton. Stok ini cukup untuk memenuhi kebutuhan Raskin sampai 6.5 bulan ke depan.



"Dengan stok yang mencukupi maka harga beras diperkirakan dapat terjaga dengan baik," katanya, Jumat (24/1/2014).

Selain itu, kata Arief, dalam waktu dekat jatah raskin Januari sebanyak 4.326 ton akan direalisasikan. "Bahkan pada Februari, Bulog bersama dengan Disperindagkop DIY akan menyiapkan Operasi Pasar apabila diperlukan," imbuhnya.

Dia menambahkan, untuk komoditas gula, memasuki awal tahun harga gula masih mengalami penurunan sejalan dengan penurunan harga gula dunia dan stok yang juga mencukupi untuk konsumen.

"Stok di Pabrik Gula Madu Baru sampai saat ini mencapai 21.801 ton. Stok tersebut cukup untuk 6 bulan ke depan," katanya.

Arief menyebutkan, meski pada paruh pertama terdapat tekanan terhadap harga-harga, namun pada paruh kedua Januari diperkirakan harga-harga cenderung ke arah yang normal.

"Dengan perkembangan tersebut, inflasi kota Yogyakarta pada Januari 2014 diperkirakan akan berada pada kisaran 0,35-0,75 persen," ungkapnya.
(gpr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak