Kadin berharap swasta diperbolehkan kelola pelabuhan

Senin, 27 Januari 2014 - 15:41 WIB
Kadin berharap swasta diperbolehkan kelola pelabuhan
Kadin berharap swasta diperbolehkan kelola pelabuhan
A A A
Sindonews.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menuding banyak BUMN terutama yang bergerak di bidang pelabuhan dan penyeberangan masih kurang efisien dalam bekerja mengurai kemacetan.

Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto mengatakan, hal tersebut tentunya menghambat logistik akibat kemacetan tersebut dan secara umum akan mengakibatkan meningkatnya biaya angkut sehingga ikut membebani biaya logistik.

Oleh karena itu, dia meminta agar sektor swasta dapat ikut berkompetisi dalam membangun dan mengelola pelabuhan dan penyeberangan agar ada persaingan yang sehat dalam memberikan pelayanan pelabuhan.

"Pemerintah wajib memberikan perlakuan yang sama agar dapat bersaing secara sehat," ujar Suryo di Gedung Menara Kadin, Jakarta, Senin (27/1/2014).

Selain itu, Suryo juga berharap pemerintah membuat Badan Sea and Coast Guard untuk mengurangi tumpang tindih kewenangan yang ada di laut.

"Jadi dengan pembentukannya akan mengurangi tumpang tindih karena banyaknya stakehoder yang beroperasi di laut," tandas Suryo.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8916 seconds (0.1#10.140)