Kejar target, Cipaganti ekspansi lima daerah baru

Rabu, 05 Februari 2014 - 18:17 WIB
Kejar target, Cipaganti ekspansi lima daerah baru
Kejar target, Cipaganti ekspansi lima daerah baru
A A A
Sindonews.com - PT Cipaganti Citra Graha Tbk (CPGT) berencana melakukan perluasan ke lima daerah baru tahun ini. Yakni di kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.

Corporate Secretary CPGT, Toto Moeljono mengatakan, perluasan usaha harus dilakukan agar kinerja perseroan di masa mendatang tidak terganggu.

Apalagi, saat ini PT Kereta Api tengah membangun kereta super cepat Jakarta-Bandung. "Karena itu, kami harus memperluas pasar," kata dia saat dihubungi, Rabu (5/2/2014).

Dia menjelaskan, untuk tahap awal masing-masing outlet akan disiapkan dua hingga empat mobil dengan merek Hyundai atau Toyota. Tergantung dari rute dan daya beli masyarakat setempat.

Jika permintaannya besar, maka besar kemungkinan perseroan akan menambah jumlah kendaraan. Perseroan masih menghitung berapa kebutuhan biaya untuk membuka satu outlet.

Penambahan outlet baru tersebut diharapkan bisa berdampak positif bagi perseroan. Apalagi pada tahun ini, perseroan menargetkan pertumbuhan pendapatan dikisaran 20-30 persen.

Pada tahun lalu, perseroan berhasil membukukan pendapatan mendekati Rp800 miliar. "Masih diaudit. Jadi angka pastinya belum bisa diinformasikan," ujarnya.

Perseroan berencana menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp200 miliar. Dananya akan dipergunakan untuk membeli sejumlah kendaraan baru, meremajakan kendaraan dan membuka outlet di sejumlah daerah.

Sekitar 30-40 persen dari capex tersebut berasal dari internal, sisanya kemungkinan meminjam dari perbankan. Pada tahun ini, perseroan akan berupaya menaikkan pendapatan dari unit lain di luar travel menjadi 35 persen.

Karena itu, perseroan berencana memperkuat unit usaha lainnya yakni di rental mobil, cargo dan alat berat. Pada tahun lalu, unit travel memberkan kontribusi 70 persen dari total pendapatan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5733 seconds (0.1#10.140)