Tangguh LNG mulai aliri listrik Teluk Bintuni

Selasa, 18 Februari 2014 - 12:40 WIB
Tangguh LNG mulai aliri listrik Teluk Bintuni
Tangguh LNG mulai aliri listrik Teluk Bintuni
A A A
Sindonews.com - Tangguh LNG dan PT PLN (Persero) mengumumkan keberhasilan uji coba transmisi listrik oleh PLN dari kilang LNG Tangguh di Teluk Bintuni ke Kota Bintuni, Provinsi Papua Barat.

Uji coba transmisi listrik ini merupakan tahap awal dari rencana untuk mengalirkan 4 Mega Watt (MW) listrik dari Tangguh ke beberapa lokasi di Teluk Bintuni.

“Untuk pertama kalinya masyarakat Kota Bintuni memperoleh listrik untuk jangka panjang yang akan dipasok dari kilang LNG Tangguh serta ditransmisi dan distribusikan oleh PLN. Kami berharap akan ada lebih banyak masyarakat di Teluk Bintuni yang dapat menikmati listrik di bulan-bulan mendatang,” kata BP Regional President Asia Pacific, William Lin, dilansir dari situs ESDM, Selasa (18/2/2014).

Uji coba dilakukan sejak tanggal 5 Februari hingga diresmikan pada hari ini adalah untuk memastikan stabilitas pasokan listrik sebelum PLN mendistribusikan listrik tersebut ke pelanggan PLN di Teluk Bintuni.

“Pencapaian ini termasuk dari komitmen kami sebagai bagian dari rencana pengembangan Tangguh dan pentingnya mendukung pembangunan Papua Barat,” tambah William.

Sementara itu, Direktur Utama PT PLN, Nur Pamudji menegaskan, akan terus meningkatkan rasio elektrifikasi dengan menambah pasokan dan memperluas jaringan bersinergi dengan berbagai pihak.

Pasokan listrik ke Bintuni yang saat ini baru mencapai 1,8 MW, selanjutnya secara bertahap akan ditingkatkan hingga mencapai beban puncak sebesar 2,4 MW.

“Dengan berhasilnya penyaluran listrik dari Tangguh ini, diperkirakan beban puncak listrik di Bintuni dan sekitarnya akan naik secara cepat hingga mencapai 3 sampai 4 MW,” ujar Nur.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8923 seconds (0.1#10.140)