Kredit kendaraan di Sulsel melambat

Kamis, 20 Februari 2014 - 15:16 WIB
Kredit kendaraan di Sulsel melambat
Kredit kendaraan di Sulsel melambat
A A A
Sindonews.com - Penerapan kebijakan Bank Indonesia (BI) yang mengatur besaran minimum uang muka atau down payment (DP) kendaraan bermotor berdampak pada kredit kendaraan bermotor (KKB) di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Deputi Kepala Perwakilan BI Wilayah I Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua) Grup Ekonomi dan Keuangan, Causa Iman Karana mengatakan, sejak kebijakan uang muka diterapkan secara umum terlihat perlambatan kredit kendaraan di wilayah ini.

Perlambatan kredit, kata dia, khususnya untuk kepemilikan kendaraan roda empat, mulai terasa sejak Juli 2013. Di mana kredit mobil melalui perbankan di Sulsel per Juni tercatat sekitar Rp2,85 triliun. "Pertumbuhan dibulan-bulan selanjutnya melambat," katanya, Kamis (20/2/2014).

Untuk kepemilikan kendaraan sepeda motor, justru mengalami penurunan. Berbeda dengan kredit kendaraan roda enam atau lebih dan lainnya yang mengalami peningkatan dari bulan ke bulan.

"Kalau kendaraan roda enam atau lebih memang tidak terpengaruh kebijakan DP. Ini kan untuk mendukung usaha dan transportasi. Maka kalau investasi tumbuh di wilayah ini, maka penjualan mobil roda enam atau lebih juga meningkat," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1342 seconds (0.1#10.140)