Radio MNC Trijaya Kembali Gelar Indonesia UKM Forum, UMKM Jatim Go Global

Selasa, 26 Juli 2022 - 22:11 WIB
loading...
Radio MNC Trijaya Kembali Gelar Indonesia UKM Forum, UMKM Jatim Go Global
Keynote speaker Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak membuka webinar UMKM Jatim Go Global, Sabtu (23/7/2022). Foto/MNC Media
A A A
SURABAYA - Melanjutkan sukses di Jakarta, Bandung, dan Jawa Tengah, webinar inspiratif untuk kemajuan dunia usaha "Indonesia UKM Forum" kembali digelar Radio MNC Trijaya di Jawa Timur.

Mengusung tema "UMKM Jatim Go Global", Sabtu (23/7/2022), kegiatan ini diadakan MNC Trijaya Surabaya dan disiarkan di seluruh jaringan Radio Trijaya, serta audio streaming di mnctrijaya.com dan aplikasi Roov.

'Keynote speaker' Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak membuka webinar bersama ratusan peserta ini, dengan pesan dukungan konkret kepada pengusaha yang ingin go global, atau berorientasi ekspor.



"Dengan partisipasi Dinas Koperasi UMKM, kemudian pimpinan Bank UMKM (Jawa Timur -Red.), banyak hal yang bisa digali, banyak potensi yang bisa kita explore bersama-sama, agar UMKM mengandalkan jalur lain, bukan hanya importir yang membeli dalam partai besar, tetapi juga kemungkinan penetrasi pasar berbasis ritel," harap Wagub Emil.

Narasumber dari kalangan perbankan, Direktur Utama Bank UMKM Jawa Timur Yudhi Wahyu pun menyatakan kesiapannya mendukung UMKM."Mudah-mudahan yang punya potensi ekspor pun, kita udah mulai database, siapa dulu yang kita naikkan kelas, dibina, semoga menjadi nasabah dari yang kecil sampai suatu saat menjadi besar," ujar Yudhi.

Dari sektor logistik, dengan beragam produk internasionalnya, PT Pos Indonesia juga sering memberi sosialisasi bagi pelaku UMKM yang baru pertama mengekspor."Sebenarnya ekspor mudah, kita punya Pekerja Migran Indonesia di Korea, Taiwan, itu bisa menjadi reseller. Tangan mereka yang diharapkan mengenalkan produk Indonesia," saran Executive Vice President Region 5 Jatim Bali Nusra PT Pos Indonesia, Kiagus Muhammad Amran.

Para pengusaha yang akan mengekspor didorong untuk mengetahui terlebih dahulu dokumen yang diperlukan, tarif, sampai cara pembayarannya."Jangan sampai ditipu juga oleh buyer luar negeri, kami sudah sarankan, saat barang masih di Kantor Pos, fotokan resi pengiriman dan langsung minta transfer uang," kata Kiagus.



Sementara itu, dengan moto Pegadaian Serba Bisa, solusi keuangan juga disediakan, melalui fokus bisnis gadai, emas, pembiayaan, dan jasa lainnya, untuk mendukung perekonomian dan UMKM sampai ke level supermikro dan pengusaha kecil.

Vice President Pegadaian dari Area Surabaya 1 Jatim Asror Maskuri menyatakan, "Apa yang digelar MNC Trijaya ini (Indonesia UKM Forum, -RED) adalah bentuk solusi. Pegadaian berkiprah untuk mefasilitasi, memenuhi kebutuhan UMKM yang akan go global."

Selain pembicara tersebut, peserta Indonesia UKM Forum Jatim juga mendapat penjelasan penting tentang upaya Pemprov melalui Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur Susanti Widyastuti, dan soal perpajakan dariPenyuluh Pajak Kanwil DJP Jawa Timur I Samsul Arifin.

Nantikan webinar Indonesia UKM Forum selanjutnya, sebagai ajang kolaborasi pemangku kepentingan UMKM, dan dengarkan selalu program on air yang mendukung pemulihan UKM beserta cerita-cerita uniknya, hanya di Trijaya UKM Forum.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)