Ini 4 Tips Cespleng dari Sandiaga Uno Jadi Pengusaha Sukses dan Ciptakan Lapangan Kerja

Rabu, 27 Juli 2022 - 13:53 WIB
loading...
A A A
Menparekraf Sandiaga mengatakan, sesuatu data per Januari 2022, ada 26.975 pondok pesantren di seluruh Indonesia, dengan jumlah santri mencapai 5 juta orang. Jawa Tengah khususnya Jepara menyumbang sejumlah 151 ponpes.

"Secara kuantitas kita memiliki SDM, tinggal kita tingkatkan kualitasnya yang mumpuni. Karena bayangkan saja jika satu persen dari total lima juta santri ini menjadi pengusaha sukses, menjadi enterpreneur dan menciptakan lapangan kerja. Akan ada tambahan jika satu persennya 50 ribu UMKM dan ratusan ribu lapangan kerja untuk industri yang diciptakan para santri," kata Sandiaga.



Kemenparekraf sedang mengembangan program Santri Digitalpreneur Indonesia sebagai wadah dalam membantu para santri menghadapi tantangan industri digital kreatif. Misalnya santri juga bisa membuat inovasi dalam bentuk 2D animation, 3D animation, hingga podcast.

"Kami ingin santri bisa menciptakan konten-konten sendiri, jangan santri akhirnya menonton konten-konten podcast yang tidak sesuai dengan budaya kita. Oleh karena itu, saya juga ingin mendorong Santri Digitalpreneur ini bekerja-sama dengan pondok pesantren Balekambang. Karena saya yakin para santri dan alumninya mampu menjadi bagian dari kebangkitan ekonomi umat melalui inovasi dan kreativitas,” katanya.

"Pemerintah akan terus hadir dengan program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Tiga program Kemenparekraf insyaAllah akan kita kembangkan di Jepara, yaitu Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia, Apresiasi Kreasi Indonesia, serta Anugerah Desa Wisata Indonesia," ujar Sandi.

Pada kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga juga mengapresiasi hasil kreasi para santri diantaranya sate lilit berbahan dasar singkong dan kelapa mentah serta kendaraan listrik. "Mudah-mudahan tahun depan bisa ikut Formula E," katanya.

Menparekraf Sandiaga juga menginisasi pemberian beasiswa kepada para santri di Ponpes Roudlatul Mubtadiin, Balekambang untuk menempuh pendidikan di enam Poltekpar di bawah naungan Kemenparekraf. Ia berhadap beasiswa ini bisa digunakan oleh para santri untuk mengembangkan wawasan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air.

Sementara itu Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta menyampaikan bahwa Jepara memiliki destinasi wisata yang cukup fenomenal, sudah terdengar namanya hingga mancanegara yakni destinasi wisata Karimun Jawa. Namun konektivitas hingga amenitas di Karimun Jawa masih perlu ditingkatkan agar semakin atraktif dan menarik kunjungan wisatawan.

"Penerbangan langsung dari Semarang ke Karimun Jawa saat ini terhenti. Begitu juga sarana dan prasarananya. Untuk itu, kami mohon dukungan dari Menparekraf, termasuk pengembangan destinasi wisata yang ada di Balekambang, karena Balekambang ini sangat unik dan potensi pariwisatanya luar biasa," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1376 seconds (0.1#10.140)