Kemenparekraf Ajukan 189.000 Pekerja Terima Kartu Prakerja

Senin, 13 April 2020 - 23:03 WIB
loading...
Kemenparekraf Ajukan 189.000 Pekerja Terima Kartu Prakerja
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyatakan sudah mendata 189.586 tenaga kerja sektor parekraf dari 34 provinsi untuk menerima bantuan kartu prakerja sebagai imbas dari wabah pandemi Covid-19. Pendataan tersebut sudah dilakukan sejak Sabtu (11/4).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menjelaskan, data yang masuk ke Kemenparekraf tersebut diperoleh dari asosiasi industri dan profesi pariwisata dan ekonomi kreatif serta dinas-dinas pariwisata.

Prosesnya melalui proses data cleansing dan sudah dilaporkan ke Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk dijadikan basis data penerima kartu prakerja.

"Data tersebut merupakan data yang berasal dari pekerja formal, tenaga kerja informal, PHK, dan pekerja yang dirumahkan. Selain itu juga pelaku seni, federasi musisi Indonesia, persatuan karyawan film dan televisi, serta pelaku ekonomi kreatif lainnya," kata Wisnu dalam keterangan pers tertulis yang diterima SINDOnews, Senin (13/4/2020).

Ia mengimbau agar dinas pariwisata di daerah juga membantu tenaga kerja yang kesulitan mendaftar di daerahnya masing-masing. Dengan begitu, para pelaku parekraf bisa menerima insentif melalui kartu prakerja tersebut.

"Jadi ini dapat meringankan beban dan biaya operasional para pelaku usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujarnya.

Seperti diketahui, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah membuka membuka Pendaftaran Program Kartu Prakerja melalui laman www.prakerja.go.id. Program Kartu Prakerja merupakan program bantuan biaya pelatihan dan insentif bagi para pekerja, pencari kerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan pekerjaan atau mengalami penurunan daya beli akibat pandemi Covid-19.

"Kartu Prakerja diharapkan mampu meningkatkan kompetensi, produktivitas, dan daya saing angkatan kerja, serta dapat meringankan biaya hidup akibat pandemi Covid-19," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Syarat peserta program Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI) berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Pendaftarannya terdiri dari 3 tahap. Pertama, calon peserta atau pendaftar membuat akun prakerja di situs www.prakerja.go.id. Kemudian pendaftar memasukkan biodata, seperti nama, tempat tanggal lahir, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan sebagainya. Data akan diverifikasi ke kmenterian atau lembaga (K/L) terkait.

Kedua, pendaftar mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar sekitar 15 menit. Ketiga, pendaftar bergabung di gelombang pendaftaran yang sedang dibuka. Setiap minggunya, mulai 11 April 2020 sampai minggu keempat November 2020, akan dibuka kuota untuk sekitar 164.000 peserta.

Pendaftaran dapat dilakukan setiap saat, 24 jam 7 hari dalam seminggu. Untuk gelombang pertama, pendaftaran dibuka sampai Kamis 16 April 2020, pukul 16.00 WIB. Pengumuman peserta yang lolos untuk gelombang pertama akan diumumkan pada Jumat, 17 April 2020.

Jika belum berhasil diterima sebagai peserta pada gelombang pertama, pendaftar dapat bergabung di gelombang selanjutnya. Bila mengalami kesulitan mendaftar, manajemen pelaksana kartu prakerja menyediakan layanan masyarakat atau call center di (021) 25541246 atau melalui email di info@prakerja.go.id.
(bon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)