Produksi industri Jepang Februari turun 2,3%

Senin, 31 Maret 2014 - 10:28 WIB
Produksi industri Jepang Februari turun 2,3%
Produksi industri Jepang Februari turun 2,3%
A A A
Sindonews.com - Produksi industri Jepang turun pada Februari, di bawah perkiraan para ekonom yang disurvei Bloomberg News. Misalnya kenaikan pajak penjualan pertama sejak 1997 sebagai risiko mengulur pemulihan ekonomi terbesar ketiga di dunia ini.

Kementerian Perdagangan Jepang mengatakan, produksi industri Jepang pada Februari turun 2,3 persen dari bulan sebelumnya. Penurunan tertajam dalam delapan bulan. Sementara, para ekonom justru memperkirakan kenaikan 0,3 persen. Manufaktur pun jatuh pada Maret untuk bulan kedua secara berturut-turut.

Sementara, kelemahan sebagian mencerminkan gangguan dari adanya hujan salju yang lebat, data menunjukkan adanya penurunan permintaan menyusul kenaikan pajak penjualan besok.

Persediaan turun untuk bulan ketujuh berturut-turut, mengurangi kemungkinan penurunan produksi lebih tajam sebagai nilai tertinggi retribusi konsumsi yang mendorong perekonomian menjadi kontraksi seperempat pada April-Juni.

"Perusahaan sudah memotong produksi dan mengelola persediaan mereka dengan baik. Sehingga jatuh pada kuartal kedua," kata Kiichi Murashima, kepala ekonom di Citigroup Inc di Tokyo seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (31/3/2014).

Kenaikan pajak penjualan diperkirakan akan menyebabkan perekonomian menyusut 3,5 persen pada kuartal kedua, sebelum tumbuh 2,1 persen dalam tiga bulan berikutnya, menurut survei Bloomberg.

Perdana Menteri Shinzo Abe memberikan lampu hijau untuk kenaikan pajak penjualan demi membantu mengatasi beban utang terbesar di dunia. Bahkan saat pihaknya mendorong kebijakan reflationary untuk memacu pertumbuhan dan mengakhiri 15 tahun deflasi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6922 seconds (0.1#10.140)