Eximbank siap biayai proyek smelter

Jum'at, 04 April 2014 - 17:38 WIB
Eximbank siap biayai proyek smelter
Eximbank siap biayai proyek smelter
A A A
Sindonews.com - Indonesia Eximbank atau Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia mengaku serius untuk membiayai sektor industri pengolahan dan pemurnian (smelter) sejak 2012.

Direktur Pelaksana Bidang Pembiayaan Indonesia Eximbank, Dwi Wahyudi mengatakan, industri smelter memerlukan biaya yang besar. Sehingga dari sekitar 230 proposal pengajuan pembangunan ini, hingga sekarang baru sekitar 35 persen yang terealisasi.

Selain itu, perbankan pada umumnya belum mengetahui industri ini secara detail terkait dengan risiko yang dihadapi. Sementara, pihaknya sudah terlkebih dahulu masuk ke sektor ini. Sejauh ini, pembiayaan di sektor smelter ini, seperti PT Indoferro yang merupakan pabrik baja di kawasan Cilegon, Jawa Barat.

Selain itu, juga terhadap PT Bintang Delapan Mining di Sulawesi Tengah. Dalam waktu dekat, Eximbank akan membiayai pembangunan smelter PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dan beberapa perusahaan lainnya.

"Risiko terbesar dari smelter ini memang barang yang dihasilkan harus sesuai permintaan market. Setiap pembangunan smelter harus diikuti dengan secure buyers-nya. Dan Indoferro serta Bintang Delapan investasinya tidak hanya di Indonesia, tapi juga dari buyer," katanya di Jakarta, Jumat (4/4/2014).

Dia menjelaskan, pembiayaan smelter pada kedua perusahaan tersebut memiliki porsi berbeda, yakni sekitar Rp1,3 triliun untuk Indoferro dan sekitar Rp500 miliar untuk Bintang Delapan yang kemungkinan masih akan bertambah.

"Dalam waktu dekat kemungkinan akan menjadi lima pabrik smelter yang akan kita biayai. Dua untuk tahun ini, yakni Inoferro dan Bintang Delapan, kemudian menyusul rencananya Antam. Kemungkinannya akan ada dua lagi menjadi lima perusahaan yang dibiayai," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6079 seconds (0.1#10.140)