RI masih hadapi ketidakpastian global 3-5 tahun

Sabtu, 05 April 2014 - 15:49 WIB
RI masih hadapi ketidakpastian global 3-5 tahun
RI masih hadapi ketidakpastian global 3-5 tahun
A A A
Sindonews.com - Meskipun kinerja ekonomi nasional Indonesia sedang mengalami peningkatan yang positif, namun Indonesia harus mewaspadai ketidakpastian global.

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan Firmanzah mengatakan, ekonomi Indonesia masih akan menghadapi ketidakpastian global dalam 3-5 tahun ke depan.

"Oleh karena itu, tugas kita bersama tetap menjaga dan semakin meningkatkan fundamental ekonomi" kata Firmanzah dikutip dari laman setkab, Sabtu (5/4/2014).

Untuk menghadapi ketidakpastian global tersebut, menurut dia, semua pihak harus tetap menjaga dan meningkatkan fundamental ekonomi yang kuat dan berdaya saing tinggi. Selain dari segi kenaikan surplus, penguatan nilai rupiah, perbaikan neraca pembayaran dan perdagangan, inflasi yang terjaga serta peningkatan cadangan devisa, ada faktor lain yang turut mendukung.

“Stabilitas Pemilu 2014 perlu kita jaga, koordinasi otoritas fiskal-moneter-sektor riil perlu terus kita tingkatkan, kebijakan industrialisasi dan hilirisasi secara konsisten perlu kita lakukan," ujar dia.

Di samping itu, pembangunan infrastruktur juga perlu terus dipercepat, peningkatan produktivitas tenaga kerja dan sumber daya manusia, meningkatkan pengembangan dan pemanfaatan teknologi serta program-program pemberdayaan masyarakat dan UMKM juga perlu terus ditingkatkan.

Melalui hal-hal itu, Firmanzah menegaskan bahwa Indonesia akan siap menghadapi ketidakpastian global sekaligus akan membentuk Indonesia menjadi negara yang kuat dan memiliki daya saing tinggi.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6908 seconds (0.1#10.140)