CEO Tokopedia: Tren Baru, Pembeli Ingin Barang Sampai di Hari yang Sama

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 05:12 WIB
loading...
CEO Tokopedia: Tren Baru, Pembeli Ingin Barang Sampai di Hari yang Sama
Co-Founder & CEO Tokopedia, Wiliam Tanuwijaya mengatakan, tren baru global saat ini adalah berkembangnya tren hyperlocal. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Co-Founder & CEO Tokopedia , Wiliam Tanuwijaya mengatakan, tren baru global saat ini adalah berkembangnya tren hyperlocal. Tren ini muncul di masa pandemi ketika konsumen menginginkan barang yang mereka pesan bisa sampai lebih cepat dan jika memungkinkan di hari yang sama.

“Karena itu ketimbang menunggu barang dari impor yang sampainya lama, maka konsumen lebih memilih penjual yang bisa mengirim barang besok sampai atau dikirim di hari yang sama,” kata William webinar Hari UMKM Nasional 2022 Yang Lokal yang Juara yang diselenggarakan oleh Tokopedia dan Katadata dalam rangka hari UMKM Nasional, Jumat (9/9/2022).



Tren ini, kata William, memberikan dampak positif karena dengan mendukung pengusaha lokal, maka membuka lapangan kerja dan juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi dometik. Tokopedia dan Goto, lanjut William, terus berkomitmen mendukung tren-tren global khususnya memastikan penggiat UMKM lokal dapat terus tumbuh dan jadi tuan rumah di negara sendiri.

“Para penggiat UKM khususnya brand-brand masa depan Indonesia dapat dilayani oleh inovasi Tokopedia yaitu menaruh barang mereka di gudang pintar Tokopedia sehingga bisa menawarkan pengalaman hyperlocal dengan lebih konsisten khususnya pengiriman lebih cepat dan harga terjangkau,” kata William.

Selain itu, penggiat UKM kuliner kuliner bisa memanfaatkan Go Food yang juga akan tersambung di aplikasi Tokopedia serta memanfaatkan inovasi dapur bersama untuk mengembangkan bisnis ke daerah lain di Indonesia.

Wiliam menambahkan, dalam setiap krisis ekonomi, pelaku UKM selalu jadi tonggak ekonomi Indonesia yang tangguh. Sejatinya, kata Willliam, penggiat UKM adalah pahlawan ekonomi nasional karena terus menciptakan lapangan kerja baru.



Diterangkan juga olehnya, transformasi digital selama pandemi Covid-19 ternyata mampu membuat UMKM Indonesia semakin tumbuh dan berkembang.

“Pandemi yang kita hadapi selama lebih dari 2 tahun telah mengubah banyak kebiasaan di antara kita semua. Penggiat UKM termasuk yang pertama harus beradaptasi, salah satunya dengan adopsi dan transformasi digital yang ternyata tidak hanya mampu membuat bisnis UKM bertahan, tapi justru bertumbuh," kata William Tanuwijaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)