Kemenparekraf-LKPP Sinergi Bantu Hotel Onboarding ke Katalog Elektronik

Rabu, 17 Agustus 2022 - 20:00 WIB
loading...
Kemenparekraf-LKPP Sinergi Bantu Hotel Onboarding ke Katalog Elektronik
Kemenparekraf-LKPP kolaborasi bantu hotel onboarding ke katalog elektronik. FOTO/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berkolaborasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) mengadakan Onboarding Pendaftaran Produk Katalog Elektronik Etalase Jasa Akomodasi dan Paket Meeting.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Henky Manurung mengatakan, kegiatan ini sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang menyatakan, pengadaan barang/jasa pemerintah menerapkan prinsip efektif dan efisien. Untuk itu, proses pengadaan jasa akomodasi dan paket meeting seharusnya menerapkan prinsip tersebut.

"Saya berharap setelah kegiatan ini, para pelaku industri perhotelan yang hadir secara offline maupun online telah onboarding-kan jasa akomodasi dan paket meeting pada katalog elektronik," kata Henky dalam pernyataan resmi, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga: Upacara HUT ke-77 RI di Kemenparekraf, Sandiaga Uno: Ini Momentum Pulih Lebih Cepat

Ketua UKPBJ Kemenparekraf/Baparekraf Sadimin menuturkan, pemanfaatan e-catalog atau katalog elektronik bertujuan untuk mewujudkan pengadaan barang/jasa pemerintah yang cepat, mudah, transparan, dan tercatat secara elektronik.

Sementara itu, Analis Kebijakan Madya Direktorat Pengembangan Sistem Katalog LKPP Erlangga Aninditya menjelaskan, katalog elektronik tersebut telah mengubah pengadaan barang/jasa pemerintah yang awalnya tidak tercatat dengan baik menjadi tercatat secara sistem. Selain itu, katalog elektronik ini dapat meningkatkan peran UKM dan Koperasi serta mendorong pemanfaatan produk dalam negeri.

Kegiatan yang berlangsung selama 1 hari pada 16 Agustus 2022 di Hotel Mercure Sabang, Jakarta diikuti oleh perwakilan dari Hotel Sari Pasifik, Hotel Grand Hyatt, Hotel Morrisey, Pullman, Hotel Mercure Sabang, Hotel Grand Mercure Harmoni, Hotel Harris Vertu Harmoni, Mandarin Oriental, Hotel Yellow Harmoni, Hotel Millenium.

Baca Juga: Perkuat Rantai Pasok UMKM, Kemenparekraf Temu Stakeholder di DPSP Danau Toba

Selain itu, Hotel Accor Gorontalo, Archipelago International, Grand Mercure Medan Angkasa, Artotel Group, GH Universal Bandung, serta Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Dari kegiatan ini, sudah ada 2 hotel yang berhasil onboarding pada katalog elektronik, yaitu Hotel Mandarin Oriental dan Pullman serta akan dilanjutkan dengan coaching clinic untuk hotel-hotel yang membutuhkan pendampingan pada saat melakukan onboarding.

"Diharapkan dengan adanya Onboarding Pendaftaran Produk Katalog Elektronik Etalase Jasa Akomodasi dan Paket Meeting ini industri perhotelan dapat onboarding pada Katalog Elektronik sehingga proses pengadaan barang/jasa pemerintah menjadi lebih efektif, efisien, dan transparan," kata dia.

(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1365 seconds (11.252#12.26)