Ssst! Tak Lama Lagi Kereta Panoramic Akan Beroperasi

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 07:45 WIB
loading...
Ssst! Tak Lama Lagi Kereta Panoramic Akan Beroperasi
Saat ini PT KAI masih melakukan pengujian terhadap kereta panoramic. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Kabar gembira datang dari PT Kereta Api ( KAI ). BUMN perkeretaapian itu kali ini melakukan inovasi dengan menghadirkan kereta panoramic pertama di Indonesia.

Baca juga: Peringati HUT ke-77 RI, KAI Operasikan 2 Kereta Api Bersejarah

"Jadi PT KAI bikin inovasi dengan memodifikasi kereta penumpang kelas eksekutif menjadi kereta panoramic pertama di Indonesia," dikutip dari tayangan video akun Instagram @balaipengujianka, Kamis (18/8/2022).

Dijika dilihat dari tayangan tersebut, kereta api panoramic ini memiliki sunroof dan kaca yang lebih besar dibandingkan kereta api pada umumnya. Jadi penumpang dapat menikmati pemandangan luar dengan lebih leluasa, sehingga perjalanan jadi lebih menyenangkan.

Saat ini kereta panoramic masih dalam tahap uji coba pertama yang dilakukan oleh Tim Penguji Sarana Perkeretaapian dari Balai Pengujian Perkeretaapian sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Perhubungan PM No. 15 Tahun 2011.

"Sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Perhubungan PM No. 15 Tahun 2011, kereta yang mengalami modifikasi sebelum beroperasi harus dilakukan pengujian pertama," kata narator dalam video tersebut.

Tim Penguji Sarana Perkeretaapian dari Balai Pengujian Perkeretaapian telah melakukan secara stasis dan uji dinamis. Pengujian tersebut meliputi, uji rancang bangun, uji dimensi, uji intensitas cahaya, uji sirkulasi udara, uji kebisingan, uji temperatur bearing dan uji kebocoran.

Baca juga: Sopir Taksi Online di Tambun Jadi Korban Begal Penumpang

"Semua harus diuji untuk memastikan kereta ini laik operasi, aman dan nyaman saat digunakan," pungkasnya.

(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1645 seconds (10.177#12.26)