Perbandingan Harga Gas Rusia dengan Gas Negara Lain, Mana yang Paling Murah?

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 15:01 WIB
loading...
Perbandingan Harga Gas Rusia dengan Gas Negara Lain, Mana yang Paling Murah?
Gas Rusia memang memiliki pengaruh besar terhadap pasokan energi Eropa. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gas Rusia memang memiliki pengaruh besar terhadap pasokan energi Eropa . Hal itu terlihat bagiamana benua tersebut kini sedang mengalami kesulitan energi .

Pemangkasan pasokan gas Rusia untuk Eropa ini membuat beberapa negara mencari sumber alternatif pengimpor bahan bakar. Meskipun begitu kendala harga memang menjadi salah satu yang menjadi masalah.

Baca juga : Vatikan Dikabarkan Beli Gas Rusia Pakai Rubel, Benarkah?

Melansir dari Markets Insider, harga gas alam Eropa telah melonjak 17% lebih tinggi setelah Rusia mengatakan akan memangkas pasokan bahan bakar fosil ke benua itu melalui pipa Nord Stream 1.

Gas alam TTF berjangka Belanda yang menjadi harga patokan Eropa naik tajam pada Agustus 2022. setelah Gazprom Rusia mengumumkan langkah tersebut.

Harga tersebut kembali melonjak menjadi sekitar 188 euro (USD 191,50) per megawatt jam, menurut data dari ICE exchange. Harga ini telah naik selama empat hari berturut turut dan kenaikan ini mencapai 700% dari tahun sebelumnya.

Baca juga : Uni Eropa Makin Blingsatan Gara-gara Gas Rusia

Amerika Serikat sebagai pengekspor LNG terbesar di dunia pada paruh pertama tahun 2022, menurut Administrasi Informasi Energi, telah melakukan pengiriman ke Eropa namun harganya juga melonjak dikarenakan konsumen di kawasan tersebut bergegas untuk mengambil sumber pasokan alternatif.

Pada April 2022, lima negara Eropa Prancis, Spanyol, Inggris, Belanda, dan Polandia menyumbang 54,1% dari total ekspor LNG AS, berdasarkan data dari Departemen Energi A.S.

Analis Goldman Sachs yang dipimpin oleh Samantha Dart, memperkirakan aliran akan kembali naik hingga 40% dari tingkat normal begitu turbin lain yang saat ini terjebak dalam perselisihan internasional mengenai sanksi telah dipulihkan.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1596 seconds (11.252#12.26)