RI-Swedia lanjutkan kerja sama pembangunan green city

Jum'at, 09 Mei 2014 - 15:55 WIB
RI-Swedia lanjutkan kerja sama pembangunan green city
RI-Swedia lanjutkan kerja sama pembangunan green city
A A A
Sindonews.com - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) bersama Pemerintah Swedia membahas kelanjutan dan perkembangan kerja sama bidang pembangunan kota berkonsep green city.

Wakil Menteri PU, Hermanto Dardak menyambut baik kerja sama yang dilakukan Pemerintah Indonesia dan Swedia dalam hal penerapan konstruksi infrastruktur yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

"Kerja sama yang baik Pemerintah Indonesia-Swedia perlu ditingkatkan mengenai peabangunan yang ramah lingkungan," ujar Hermanto dalam pertemuan dengan perwakilan dari Swedia, seperti dikutip dari situs Kementerian PU, Jumat (9/5/2014).

Sebagai tindak lanjut joint working group meeting tahun lalu, telah dilakukan beberapa hal. Yaitu, penyelenggaraan Final Seminar on Symbiocity Coorperation di Bali. Acara tersebut sebagai media berbagai pengetahuan dan pengalaman hasil kerja sama symbiocity Kota Palu dan Kota Probolinggo kepada peserta Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH).

Kegiatan lainnya yaitu perkuatan city to city cooperation antara Pemerintah Kota Indonesia-Swedia, yaitu Palu-Boras dan Probolinggo-Helsingborg.

Kerja sama ini juga dilakukan partisipasi dalam rencana pembentukan Indonesia-Sweden Infrastructure Partnership (ISIP) oleh berbagai mitra, baik industri, akademisi, dan pemerintah.

Termasuk, lanjut dia, pembentukan Indonesia Center for Urban Resilience and Infrastructure (IC-URI), bersama LIPI, Kemenristek, dan FMIPA UI sebagai Symbiocity Academy untuk pelaksanaan P2KH di Indonesia.

"Kerja sama ini, semoga tujuan symbiocity kota yang berkelanjutan dan ramah lingkungan dapat tercapai di Indonesia. Kami akan melakukan kerja sama terus menerus untuk tujuan yang baik," tutur The Swedish Government’s High Representative for International Environment Technology Cooperation Mats Denninger.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6939 seconds (0.1#10.140)