alexametrics

Hatta umumkan mundur dari jabatan menteri

loading...
Hatta umumkan mundur dari jabatan menteri
Menko Perekonomian, Hatta Rajasa/Foto: Istimewa
A+ A-
Sindonews.com - Hatta Rajasa mengaku sudah resmi mengundurkan diri dari jabatan Menteri Koordinator bidang Perekonomian.

"Ya," kata Hatta singkat saat dikonfirmasi usai melakukan pertemuan dengan capres Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di kantor Presiden, Jakarta, Selasa (13/5/2014).

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan, bahwa surat pengunduran dirinya sudah disampaikan kepada Presiden SBY sejak kemarin.



"Suratnya saya kirim kemarin, hari ini saya laporkan secara lisan kepada Bapak Presiden. Tentu saja Bapak Presiden menyetujui dan mendoakan," kata Hatta.

Sementara, Hatta enggan berkomentar terkait dengan kabar bahwa Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tandjung (CT) akan menggantikan posisinya. "Saya enggak bisa berkomentar itu. Tunggu saja," ujarnya.

Meski demikian, hingga kini Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pengunduran dirinya belum dikeluarkan SBY. Namun, jika Keppresnya sudah dikeluarkan, maka mulai saat itu dia resmi mundur.

Mundurnya Hatta Rajasa dari Menko Perekonomian ini, dikabarkan akan digantikan oleh Chairul Tanjung (CT) yang merupakan pemilik kerajaan bisnis Transcorp. Hatta akan mencalonkan sebagai wakil presiden RI untuk menjadi pasangan Prabowo Subianto pada pemilihan presiden 2014.

Dalam Undang-Undang Nomor 42 tahun 2008 disebutkan, pejabat negara atau menteri aktif harus mundur bila mencalonkan presiden atau wakil presiden. Sementara untuk kepala daerah telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2013 dimana disebutkan kepala daerah yang akan ikut dalam kampanye pemilihan presiden harus mengajukan cuti.
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak