alexametrics

Pengganti Hatta harus paham ekonomi makro Indonesia

loading...
Pengganti Hatta harus paham ekonomi makro Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Hatta Rajasa
A+ A-
Sindonews.com - Ekonom dari Bank Mandiri Destry Damayanti mengatakan, calon pengganti Hatta Rajasa sebagai Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian mau tidak mau harus sudah mengerti dan paham tentang ekonomi makro Indonesia.

Mengingat masa jabatan yang hanya tinggal hitungan bulan, tidak ada waktu lagi untuk mempelajarinya satu per satu.

"Jadi mau enggak mau pertama dia (Menko Perekonomian baru) harus punya wawasan ekonomi makro, kedua dia sudah mengikuti perkembangan selama ini, permasalahan apa yang dihadapi Indonesia. Apalagi waktu singkat sekali, jadi enggak perlu belajar banyak. Jadi harusnya sudah tau bahwa oh oke ini perlu dilanjutkan nih," tuturnya ketika dihubungi Sindonews, Rabu (14/5/2014).



Dia mengatakan, Menko Perekonomian yang baru harus bisa melihat secara integrated ekonomi dari sisi keuangan, sektor riil, moneter, dan juga kebijakannya. Menurutnya, mereka harus memiliki sense dan knowledge tentang perekonomian Indonesia. Mengingat yang akan dijabatnya adalah Menteri Koordinator bidang Perekonomian.

"Ekonomi kan banyak, dari sisi keuangan, sektor riil, modal secara sektor riil kaitannya termasuk ekspor impor, dan tenaga kerja," imbuhnya lagi.

Selain itu, pengganti Hatta sebagai Menko Perekonomian juga harus tahu agenda apa yang sedang dijalankan dan mana yang harus dijadikan prioritas. "Paling enggak dia harus sudah tau, harus punya inside gambaran ini lho yang terjadi," tandasnya.
(gpr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak