Upaya Mewujudkan Pembangunan Kota Berkelanjutan

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 07:37 WIB
loading...
Upaya Mewujudkan Pembangunan Kota Berkelanjutan
PT Surveyor Indonesia dan Apeksi mengembangkan program Integrated-Sustainability Indonesia Movement for Cities. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Surveyor Indonesia (Persero) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia ( Apeksi ) mengembangkan program Integrated-Sustainability Indonesia Movement (I-SIM) for Cities. Program tersebut akan mendukung keberlanjutan multi-stakeholders dalam mengelola aspek pembangunan berkelanjutan, lingkungan, sosial, dan tata kelola di tingkat kota.



Direktur Utama Surveyor Indonesia M. Haris Witjaksono menjelaskan, melalui program ini pemerintah kota dapat mengungkapkan data dan mengukur capaiannya. Dengan semangat inklusivitas atau no one left behind, I-SIM for Cities menciptakan keterlibatan pentahelix multi-stakeholders, seperti pemerintahan, akademisi, komunitas, bisnis, filantropi dan media. Lebih dari itu, program ini pun mendorong pengembangan kapabilitas pemerintah kota terhadap standar kota yang berkelanjutan.

Haris menjelaskan I-SIM for Cities telah dikembangkan kerja sama dan kolaborasi dengan mitra strategis, antara lain APEKSI, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Dalam Negeri, Biro Pusat Statistik dan GRI (Global Reporting Initiatives).

“Dengan seluruh elemen yang terlibat, kami berharap pemerintah kota dapat mengikuti seluruh rangkaian acara dengan baik dan saling berkolaborasi dalam rangka perbaikan kontinyu pencapaian SDGs di tingkat kota,” ujarnya, Kamis (25/8/2022).

Launching I-SIM For Cities turut dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan dan Kepala Sekretariat Nasional SDGs Kementerian PPN/ BAPPENAS Vivi Yulaswati, Ketua Dewan Pengawas APEKSI Bima Arya Sugiarto, Asisten Deputi Bidang Industri Manufaktur Kementerian BUMN Liliek Mayasari, dan Kasubdit Lingkungan Hidup, Direktorat SUPD I, Ditjen Bina Bangda KEMENDAGRI Kunto Bimaji, Dewan Komisaris PT Surveyor Indonesia, serta Direksi IDSurvey.

Kepala Sekretariat Nasional SDGs Kementerian PPN/BAPPENAS Vivi Yulaswati mengatakan melalui I-SIM For Cities ini, pemerintah kota menjadi aktor penting dalam mencapai target SDGs.

“Peran pemerintah kota terkait data disclosure untuk mengakselerasi performa kinerja SDGs dan mendorong multi stakeholder partnership yang inklusif dan no one left behind terkait pelaksanaan SDGs di tingkat kota,” ujarnya.

Vivi berharap I-SIM For Cities mampu menjadi trigger bagi pemerintah kota untuk localizing SDGs mendukung decade of action. Disagregasi data SDGs di tingkat kabupaten/kota harus terus bertambah dan meningkat kualitasnya.

Metode pemeringkatan baik exciter, encourager, advocator, inovator, dan revolutioner juga diharapkan bisa menginspirasi dan menjadi contoh pelaksanaan pembangunan berkelanjutan mendorong replikasi, scale up dan inovasi baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)