11 Pabrik Kelapa Sawit Akan Dibangun di Kaltim

Kamis, 12 Juni 2014 - 14:51 WIB
11 Pabrik Kelapa Sawit Akan Dibangun di Kaltim
11 Pabrik Kelapa Sawit Akan Dibangun di Kaltim
A A A
SAMARINDA - Sepanjang tahun ini, setidaknya ada 11 pabrik kelapa sawit yang akan dibangun di Kalimantan Timur (Kaltim). Pabrik ini tersebar di berbagai kabupaten yang menjadi basis kebun kelapa sawit.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Etnawati Usman mengatakan, jika nantinya terwujud, maka Kaltim akan memiliki 69 pabrik kelapa sawit.

Menurutnya, hingga Mei telah beroperasi 58 pabrik pengolahan minyak sawit dengan kapasitas produksi mencapai 2.945 ton tandan buah segar per jam.

Dia merinci, dari 58 pabrik pengolahan kelapa sawit itu tersebar di wilayah Kaltim. Di Paser terdapat 14 pabrik, Penajam Paser Utara dua pabrik, Kutai Timur 20 pabrik, Kutai Kartanegara sembilan pabrik, Kutai Barat sebanyak satu pabrik dan Berau lima pabrik.

Sementara, di Kalimantan Utara terdapat di Kabupaten Bulungan dua unit dan Nunukan sebanyak lima pabrik. "Jika sesuai rencana, penambahan 11 pabrik baru ini akan mampu mengolah 510 ton tandan buah segar setiap jam," katanya, Kamis (12/6/2014).

Dari 11 pabrik ini akan dibangun di Kabupaten Kutai Kartanegara sebanyak tiga pabrik dan Kutai Timur sebanyak enam pabrik. Sementara di Kabupaten Paser dan Kabupaten Berau masing-masing satu pabrik.

"Dari segi ekonomis, perusahaan perkebunan sudah layak memiliki pabrik sendiri karena sekarang masih mengirim hasil panennya ke perusahaan lain yang sudah memiliki pabrik. Kita berharap agar pabrik perkebunan sawit siap beroperasi tahun ini," harap Etnawati.

Dia menyebutkan, saat ini untuk seluruh wilayah atau daerah sentra perkebunan sawit di kabupaten dan kota se-Kaltim terdapat 344 perusahaan sawit dengan 243 Izin Usaha Perkebunan (IUP) seluas 3,09 juta hektare dan 129 Hak Guna Usaha (HGU) seluas 1,14 juta hektare.

Sedangkan untuk perkebunan swadaya masyarakat atau plasma yang sudah terbangun mencapai 172.201 hektare, baik yang dikelola secara mandiri di lahan milik warga masyarakat maupun lahan yang diberikan perusahaan kepada masyarakat.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4598 seconds (0.1#10.140)