CT: RI Bisa Buat Negara Seperti Singapura

Jum'at, 13 Juni 2014 - 09:57 WIB
CT: RI Bisa Buat Negara Seperti Singapura
CT: RI Bisa Buat Negara Seperti Singapura
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Chairul Tanjung menyatakan bahwa Indonesia setiap tahun bisa saja membuat negara yang baru seperti negara tetangga, Singapura. Ini lantaran jumlah pertumbuhan penduduknya yang semakin hari mengalami peningkatan signifikan.

"Tidak terasa, ternyata jumlah penduduk kita mencapai 250 juta orang. Setiap tahunnya bisa dikatakan pertumbuhannya mencapai 1,6% atau tumbuh sekitar 4 juta orang. Dengan jumlah itu, kita bisa saja membuat negara seperti Singapura," ujarnya saat memberikan sambutan pada syukuran hari jadi ke-14 Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (12/6/2014) malam.

Selain jumlah penduduk yang kian hari terus bertambah, menurut sosok yang disapa CT ini, setiap tahunnya perekonomian Indonesia juga tumbuh pesat. Ini dibuktikan oleh Bank Dunia, yang menempatkan Indonesia ke dalam 10 negara dengan ekonomi terbesar di dunia dalam Product Domestic Bruto (PDB) versi purchasing power parity.

"Jadi, dari sisi kemampuan daya beli dari total kemampuan seluruh rakyat Indonesia, ada baiknya dan juga ada tantangannya," katanya.

Sementara pendapatan per kapita masyarakat Indonesia, dia mengatakan, juga mengalami pertumbuhan yang luar biasa, di mana secara nominal dalam 5 tahun terakhir tumbuhan sebesar 15%.

Dengan pertumbuhan penduduk tersebut disertai pertumbuhan pendapatan yang luar biasa, menurut dia, ada "adonan kue" ekonomi yang terus membesar dan menjadi daya tarik bagi pengusaha domestik maupun internasional.

"Sekarang semua kepentingan dunia usaha, baik kecil, menengah, besar dan konglomerasi yang ada untuk tumbuh dan yang yang belum masuk jadi ingin masuk. Diharapkan daya saing terbangun, bisa bersaing secara sehat dalam pasar yang adil. Itu yang diharapkan," tandas dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7483 seconds (0.1#10.140)