Harga BBM Subsidi Naik, Ini Sektor Usaha yang Ketiban Cuan dan Beban

Selasa, 06 September 2022 - 21:54 WIB
loading...
Harga BBM Subsidi Naik, Ini Sektor Usaha yang Ketiban Cuan dan Beban
Ritel dan pusat perbelanjaan adalah sektor yang terdampak kenaikan harga BBM subsidi. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi membuat beberapa sektor terbebani, namun ada juga sektor usaha yang malah akan diuntungkan. Menurutnya, beberapa sektor yang akan terbebani yakni transportasi, pariwisata, ritel, industri, serta makanan dan minuman.



"(Sektor itu) Diperkirakan akan mengalami tekanan yang cukup besar dari melemahnya permintaan konsumen meningkatnya biaya operasional sehingga mereka akan mengalami tekanan sampai tahun depan efek dari harga BBM yang naik," terang Bhima kepada MPI, Selasa (6/9/2022).

Sementara sektor yang diuntungkan adalah komoditas, baik batubara maupun minyak. Sektor-sektor itu akan diuntungkan kenaikan harga BBM karena menunjukkan adanya kenaikan harga.

"Kemudian ada sektor perbankan keuangan karena ketika BBM naik inflasi juga terdorong naik dan mempercepat kenaikan tingkat suku bunga acuan," tambahnya.

Dia menjelaskan, suku bunga acuan nantinya akan memengaruhi tingkat suku bunga pinjaman sehingga NIM atau net interest margin dari perbankan akan semakin tebal.



"Perkiraannya, sektor keuangan diuntungkan juga," ujar Bhima.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2380 seconds (0.1#10.140)