Alasan Produk Iphone Diproduksi di China, Hubungan Erat yang Tak Terpisahkan

Rabu, 07 September 2022 - 10:18 WIB
loading...
A A A
"Tetapi jika seluruh rantai pasokan tidak bergerak bersama mereka, maka logistik memindahkan komponen ke fasilitas perakitan menjadi tantangan," jelasnya.

Pasar Utama

Hal-hal lain yang membuat Apple sulit keluar adalah kenyataan bahwa China adalah pasar terbesarnya di luar Amerika Serikat.

Apple saat ini menyumbang 18% dari pasar smartphone China dan China menyumbang hampir seperempat dari penjualan global Apple, menurut Amber Liu, seorang analis smartphone yang berbasis di Shanghai di perusahaan riset teknologi Canalys.

Singkatnya, China adalah "di mana sebagian besar pasar pertumbuhan berada," kata Gad Allon, direktur program manajemen dan teknologi di University of Pennsylvania yang penelitiannya berfokus pada rantai pasokan.

"Apple memiliki banyak alasan untuk tidak mengguncang 'perahu'," katanya, atau berisiko berakhir di sisi yang salah dari pemerintah China.

Sementara itu yang menjadi sinyal kekhawatiran terkait permintaan di negara itu, Apple minggu ini menawarkan diskon kepada pelanggan China senilai 600 yuan (USD89) untuk model iPhone terbarunya dengan waktu yang terbatas. Jarang bagi Apple untuk menawarkan promosi seperti itu.

Risiko Berkelanjutan

Penguncian Covid-19 atau lockdown yang ketat bukan satu-satunya potensi gangguan yang bisa dihadapi Apple di China.Ketegangan antara Beijing dan Washington atas Taiwan, pulau demokratis berpemerintahan sendiri yang telah lama diklaim China sebagai bagian dari wilayahnya, telah meningkat secara signifikan usai kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau itu.

Taiwan juga merupakan basis bagi beberapa pemasok utama Apple, termasuk Foxconn, Pegatron, dan Wistron, dan telah menjadi pusat global untuk chip semikonduktor yang digunakan pada sebagian besar perangkat elektronik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9109 seconds (0.1#10.140)