Wall Street Ditutup Menguat Didorong Sektor Perbankan dan Layanan Kesehatan

Jum'at, 09 September 2022 - 07:00 WIB
loading...
Wall Street Ditutup Menguat Didorong Sektor Perbankan dan Layanan Kesehatan
Wall Street ditutup menguat dengan membukukan keuntungan perdagangan Kamis (8/9/2022) waktu setempat. FOTO/Reuters
A A A
NEW YORK - Indeks utama Wall Street ditutup menguat dengan membukukan keuntungan perdagangan Kamis (8/9/2022) waktu setempat, terutama didorong oleh sektor lembaga keuangan dan perusahaan kesehatan. Hal itu terjadi karena investor mencerna pernyataan hawkish dari pembuat kebijakan yang memperkuat taruhan kenaikan suku bunga besar akhir bulan ini.

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) naik 193,24 poin, atau 0,61%, menjadi 31.774,52, S&P 500 (.SPX) naik 26,31 poin, atau 0,66%, menjadi 4.006,18 dan Nasdaq Composite (.IXIC) bertambah 70,23 poin, atau 0,6%, menjadi 11.862,13. Indeks seakan memantul bolak-balik dalam perdagangan yang mixed karena kekhawatiran atas langkah Federal Reserve selanjutnya untuk menjinakkan inflasi yang melonjak tetap ada.

"Ada banyak ketidakpastian dan saya pikir orang tidak akan benar-benar mengambil keputusan selama lebih dari lima menit atau lima detik, Anda tahu, sampai ada sedikit lebih banyak kejelasan atau cahaya diujung terowongan," kata Grace Lee, manajer portofolio senior pendapatan ekuitas di Columbia Threadneedle Investments yang berbasis di Boston.



Pelaku pasar uang melihat peluang 87% bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin pada pertemuan bulan ini. Bank of America, Barclays dan Jefferies mengatakan mereka sekarang melihat kenaikan suku bunga 75 basis poin. Sebelum Barclays mengatakan itu bisa menjadi peningkatan 50 atau 75 basis poin, sementara Bank of America dan Jefferies bertaruh pada kenaikan 50 basis poin.

Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan bank sentral berkomitmen kuat untuk menurunkan inflasi dan perlu terus berjalan sampai pekerjaan selesai. Presiden Fed Chicago Charles Evans bergabung dengan sesama pembuat kebijakan mengatakan bahwa mengekang inflasi adalah pekerjaan pertama.

Investor juga menunggu laporan inflasi Agustus AS minggu depan untuk petunjuk baru apakah Federal Reserve akan menaikkan suku bunga setengah atau tiga perempat poin persentase pada pertemuan kebijakan berikutnya yang dijadwalkan 20-21 September.

Kekhawatiran atas pengetatan moneter yang agresif di seluruh dunia menghentikan pasar ekuitas pada hari Kamis setelah Bank Sentral Eropa menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin yang belum pernah terjadi sebelumnya dan mengisyaratkan kenaikan lebih lanjut.

Sementara itu, data menunjukkan jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran turun pekan lalu ke level terendah tiga bulan, menggarisbawahi kekuatan pasar tenaga kerja bahkan ketika The Fed menaikkan suku bunga.

Dengan meningkatnya peluang kenaikan suku bunga besar lainnya, baik indeks bank S&P 500 yang sensitif terhadap suku bunga (.SPXBK) dan sektor perawatan kesehatan S&P 500 masing-masing naik 2,8% dan 1,8%.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2098 seconds (0.1#10.140)