Pelatihan Digital Sapa Emak-emak Pelaku UMKM di Lereng Gamalama

Minggu, 11 September 2022 - 19:19 WIB
loading...
Pelatihan Digital Sapa Emak-emak Pelaku UMKM di Lereng Gamalama
Kemenkominfo melalui program Digitalisasi UMKM dalam rangka Peningkatan Akses Pemasaran menyambangi para pelaku UMKM wanita di Ternate, Maluku Utara, Jumat (9/9). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Digitalisasi bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terus digencarkan pemerintah ke berbagai daerah, termasuk juga menyasar pelaku UMKM wanita.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui program Digitalisasi UMKM dalam rangka Peningkatan Akses Pemasaran telah menyambangi beberapa daerah di Indonesia timur seperti Sorong di Papua Barat dan Jayapura di Papua.

Kali ini, giliran kota Ternate di Maluku Utara. Kegiatan yang digelar pada Jumat (9/9) itu membuka wajah UMKM di lereng Gunung Gamalama dan menjembatani mereka dalam penerapan teknologi digital untuk menunjang proses bisnis dan pemasaran.

Direktur Ekonomi Digital pada Ditjen Aptika Kemenkominfo I Nyoman Adhiarna menyatakan bahwa jajarannya saat ini sedang menitikberatkan berbagai kegiatan di Indonesia timur.

“Sesuai instruksi Bapak Presiden, kami saat ini sangat-sangat fokus untuk membangun Indonesia Timur sesuai dengan bidang kami, yakni mendorong UMKM untuk menerapkan teknologi digital agar bisnis mereka meningkat levelnya,” ujarnya saat memberikan sambutan secara daring, dikutip Minggu (11/9/2022).

Baca juga: Tekan Ongkos UMKM, Erick Thohir Berharap Bunga KUR Bisa 0%

Dengan level penerapan teknologi digital yang makin tinggi, sambung dia, daya saing UMKM juga menjadi lebih tinggi.

Pernyataan itu disambut tepuk tangan meriah dari yaya-yaya alias ibu-ibu pelaku UMKM yang hadir pada acara bincang-bincang tersebut.

Mereka mengapresiasi perhatian dari pemerintah pusat dan bangga dengan pencapaian adopsi teknologi digital yang mereka terapkan dalam berbisnis.

Seraya memperlihatkan berbagai hasil produksi yang siap dijual lintas daerah, mereka pun menyambut baik berbagai informasi yang diberikan oleh narasumber.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1462 seconds (10.101#12.26)