7 Negara Penghasil Sorgum Terbesar di Dunia, Hanya Ada 1 di Asia

Senin, 12 September 2022 - 15:22 WIB
loading...
7 Negara Penghasil Sorgum Terbesar di Dunia, Hanya Ada 1 di Asia
Sedikitnya ada tujuh negara penghasil sorgum terbesar di dunia yang perlu diketahui. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh negara penghasil sorgum terbesar di dunia yang perlu diketahui. Sekadar informasi, sorgum merupakan sejenis biji-bijian yang bisa dimakan serta diolah dengan berbagai cara.

Jika dibandingkan dengan gandum atau jagung, sorgum diketahui lebih tinggi protein. Dalam pemrosesannya, jenis biji-bijian ini bisa digiling menjadi tepung, dimakan dalam bentuk gandum utuh, hingga diolah jadi etanol atau menjadi makanan ternak.

Baca juga : Jokowi Minta Sorgum Jadi Alternatif Pangan

Di dunia, terdapat beberapa negara yang dikenal dengan produksi sorgumnya. Melansir dari laman Statista, berikut tujuh negara penghasil sorgum terbesar di dunia :

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan salah satu negara maju di dunia. Dalam berbagai sektor, Negeri Paman Sam memiliki cukup banyak keunggulan jika dibandingkan dengan negara lain.

Dalam berbagai produksi pertanian yang dilakukan, Amerika Serikat menjadi produsen sorgum terbesar di dunia. Menurut data Statista, pada periode 2021/2021, negara ini menghasilkan sekitar 11,37 juta metrik ton sorgum.

Pada riwayatnya, volume produksi sorgum terbesar terjadi pada periode 2015/2016. Kala itu, Amerika Serikat berhasil memanen sekitar 15,16 juta metrik ton sorgum.

2. Nigeria

Nigeria merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Afrika Barat. Negara ini berbagi perbatasan dengan Niger di utara, Chad di timur laut, Kamerun di timur, dan Benin di barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)