Tersulut Kenaikan Inflasi, Bursa Saham Amerika Kebakaran

Rabu, 14 September 2022 - 07:15 WIB
loading...
Tersulut Kenaikan Inflasi, Bursa Saham Amerika Kebakaran
Wall Street ditutup turun imbas kenaikan inflasi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wall Street terkena aksi jual besar-besaran sehingga ditutup turun dan membuat bursa saham AS terguncang pada penutupan perdagangan Selasa waktu setempat (13/9/2022). Kondisi itu terjadi setelah laporan inflasi yang ternyata lebih panas dari perkiraan semula, sehingga menghancurkan harapan The Fed mengalah dan mengurangi pengetatan kebijakannya dalam beberapa bulan mendatang.



Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (DJI) turun 1.276,37 poin atau 3,94% menjadi 31.104,97, S&P 500 (SPX) kehilangan 177,72 poin atau 4,32% menjadi 3.932,69, dan Nasdaq Composite (IXIC) turun 632,84 poin atau 5,16%, menjadi 11.633,57.

Ketiga indeks saham utama AS itu merosot tajam, menghentikan kenaikan beruntun empat hari dan mencatat persentase penurunan satu hari terbesar sejak Juni 2020 selama pergolakan pandemi.

Sentimen risk-off yang melonjak menarik setiap sektor utama jauh ke wilayah negatif, dengan pemimpin pasar teknologi yang sensitif terhadap suku bunga dan teknologi yang berdekatan, dipimpin oleh Apple Inc (AAPL.O), Microsoft Corp (MSFT.O) dan Amazon.com Inc (AMZN.O) dengan berat terberat.

"(Penjualan) bukanlah kejutan mengingat reli mendekati data," kata Paul Nolte, manajer portofolio di Kingsview Asset Management di Chicago dikutip dari Reuters, Selasa (14/9/2022).

Indeks harga konsumen (CPI) Departemen Tenaga Kerja berada di atas konsensus, mengganggu tren di tengah harapan bahwa The Fed dapat mengalah setelah September dan mengurangi kenaikan suku bunganya. Core CPI, yang menghapus harga makanan dan energi yang bergejolak, meningkat lebih dari yang diharapkan, naik menjadi 6,3% dari 5,9% di bulan Juli.

"Laporan tersebut menunjukkan inflasi yang sangat persisten dan itu berarti The Fed akan tetap terlibat dan menaikkan suku bunga. Dan itu adalah kutukan bagi ekuitas," ujar Nolte.

Pasar keuangan telah sepenuhnya memperkirakan kenaikan suku bunga setidaknya 75 basis poin pada akhir pertemuan kebijakan FOMC minggu depan, dengan probabilitas 32% dari kenaikan besar-besar, persentase poin penuh ke tingkat target dana TheFed, menurut alat FedWatch CME.

"The Fed telah meningkatkan (suku bunga) tiga poin persentase penuh dalam enam bulan terakhir," kata Nolte. "Kami belum merasakan dampak penuh dari semua kenaikan itu. Tapi kami akan merasakannya. Kami berada di ambang pintu resesi."



Seperti diketahui, inflasi Amerika Serikat pada Agustus 2022 naik 0,1% menjadi 8,3% secara tahunan (year-on-year/yoy). Angka ini meleset dari prediksi ekonom yang disurvei oleh Dow Jones, yang memperkirakan penurunan bulanan sebesar 0,1%.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2070 seconds (0.1#10.140)