Menteri ATR/BPN Pastikan Seluruh RDTR IKN Nusantara Rampung Akhir 2022

Kamis, 15 September 2022 - 09:06 WIB
loading...
Menteri ATR/BPN Pastikan Seluruh RDTR IKN Nusantara Rampung Akhir 2022
RDTR IKN Nusantara ditargetkan rampung akhir 2022. Foto/ATRBPN
A A A
JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menargetkan pembuatan rencana detail tata ruang (RDTR) sebagai acuan pembangunan IKN Nusantara bakal rampung akhir tahun 2022.

Baca juga: Struktur Organisasi Belum Terbentuk, Kepala Badan Otorita IKN Beberkan Kendalanya

"Saya pastikan akhir tahun 2022 semua sudah selesai dan kita akan terus berkoordinasi dengan stakeholders terkait dalam penyelesaian RDTR bagi kawasan strategis IKN," kata Hadi Tjahjanto dalam pernyataan tertulisnya, dikutip Kamis (14/9/2022).

Terkait kebijakan tata ruang, Hadi Tjahjanto menjelaskan bahwa Kementerian ATR/BPN telah menyusun Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional IKN 2022-2024 yang dituangkan dalam Perpres No. 64 Tahun 2022.

"Sejauh ini kita sudah menyusun 4 dari 9 materi teknis RDTR. Sudah selesai, yaitu Wilayah Perencanaan (WP) 1 Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), WP 2 IKN Barat, WP 4 IKN Timur 1, dan WP 5 IKN Timur 2," kata Hadi Tjahjanto.

Selain itu dokumen RDTR yang sudah selesai itu juga sudah diserahkan kepada kepala Otorita IKN Nusantara untuk dilakukan proses legislasi atau tetap melalui persetujuan kepala otorita.

Lebih lanjut, Menteri ATR/Kepala BPN mengatakan, pembangunan IKN bukan hanya sekedar memindahkan sebuah kantor pusat pemerintahan, tetapi diharapkan bisa menjadi pertumbuhan ekonomi baru untuk Indonesia.

Baca juga: Carlos Alcaraz Usia 19 Tahun Petenis Nomor 1 Dunia Termuda Akhiri Era Big 3

"Sebagaimana arahan Bapak Presiden bahwa pembangunan IKN ini bukan semata-mata memindahkan fisik kantor-kantor pemerintahan. Tujuan utamanya ialah membangun smart city yang kompetitif di tingkat global," tandas Hadi Tjahjanto.

(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1031 seconds (10.177#12.26)