4 Bandara Ini Kian Terpuruk Imbas Pandemi, Kemenhub Upayakan Percepatan Pemulihan

Selasa, 20 September 2022 - 07:45 WIB
loading...
4 Bandara Ini Kian Terpuruk Imbas Pandemi, Kemenhub Upayakan Percepatan Pemulihan
Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, yang beroperasi sejak tahun 2018 masih sepi peminat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus berupaya memulihkan bandar udara atau bandara yang terdampak pandemi Covid-19, salah satunya bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.

Plt Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Nur Isnin Istiartono mengatakan, sejak pandemi penerbangan komersial penumpang di bandara ini secara bertahap berkurang dan tidak ada maskapai yang beroperasi melayani penerbangan penumpang.

"Hanya saja, bukan berarti tak ada operasional di bandara ini. Bandara tetap terus beroperasi dengan melayani penerbangan untuk kargo, dengan terus mengupayakan kembali adanya penerbangan penumpang," ujarnya melalui keterangan tertulis, Senin (19/9/2022).



Menurut dia, adanya rencana operasional jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) pada bulan depan akan sangat membantu pemulihan lebih cepat di bandara Kertajati. Jalan tol memungkinkan perjalanan dari Bandung ke Kertajati hanya satu jam saja.

“Alhamdulillah, mulai November Bandara Kertajati akan bersiap melayani penerbangan komersial dan rencananya akan digunakan juga untuk melayani penerbangan umroh,” tuturnya.

Menurut Isnin, kondisi hampir serupa terjadi juga di bandara lainnya, yang tertekan karena pandemi, antara lain di Bandara Ngloram (Blora), Bandara Purbalingga dan Bandara Wiriadinata (Tasikmalaya).

"Sebelum pandemi, di bandara-bandara tersebut sudah ada beberapa penerbangan komersial menuju Bandara Halim Perdanakusuma, dan sebaliknya," ungkapnya.



Bandara-bandara tersebut, kecuali Kertajati, hanya bisa didarati pesawat propeler, dengan Bandara Halim Perdanakusuma menjadi hub utama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1534 seconds (0.1#10.140)