Soal 3 Opsi Pembatasan Pembelian Pertalite, Jokowi Belum Tentukan Sikap

Selasa, 20 September 2022 - 11:11 WIB
loading...
Soal 3 Opsi Pembatasan Pembelian Pertalite, Jokowi Belum Tentukan Sikap
Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengambil keputusan terkait upaya pembatasan pembelian BBM Pertalite dan solar subsidi. Foto/SINDOnews/Inda Susanti
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih mematangkan rencana pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan solar subsidi.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, terdapat tiga opsi yang disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait upaya pembatasan pembelian BBM tersebut. Hanya saja, Jokowi belum juga mengambil keputusan definit ihwal usulan tersebut.

"Ini inisiatifnya dari Pertamina, semuanya sudah disiapkan, ada beberapa opsi yang tinggal dipilih saja,” kata Arifin saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, dikutip Selasa (20/9/2022).

Baca juga: DPR Minta Pemerintah Berlakukan Pembatasan BBM Subsidi

Dia menuturkan, PT Pertamina (Persero) sudah mulai menguji coba sejumlah skenario pembatasan pembelian BBM bersubsidi itu lewat digitalisasi SPBU dan aplikasi verifikasi MyPertamina. "Itu sudah mulai dan ini kan baru mulai, tinggal kita tunggu,” tukasnya.

Sebelumnya, Badan Pengaturan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) membeberkan bahwa proses revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM sudah rampung.

Baca juga: Pembelian Pertalite dan Solar Dibatasi 120 Liter, Ini Kata Menteri ESDM

"Kami sampaikan bahwa revisi Perpres 191 itu sebetulnya sudah rampung,” kata Direktur Bahan Bakar Minyak BPH Migas Alfon Simanjuntak.



Menurut dia, otoritas pengawas hilirisasi minyak dan gas itu masih menunggu keputusan lebih lanjut dari Jokowi untuk pengesahannya.
(ind)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1908 seconds (10.101#12.26)