Produksi Industri Zona Euro Secara Mengejutkan Jatuh

Rabu, 13 Agustus 2014 - 19:26 WIB
Produksi Industri Zona Euro Secara Mengejutkan Jatuh
Produksi Industri Zona Euro Secara Mengejutkan Jatuh
A A A
BRUSSELS - Produksi industri di Zona Euro pada Juni 2014 secara mengejutkan jatuh 0,3%, terseret penurunan output barang-barang konsumsi dan energi. Hasil ini secara signifikan di bawah ekspektasi analis, dan menjadi tanda pemulihan ekonomi di Zona Euro goyah.

Sebelumnya, para analis memperkirakan ekspansi 0,3%, dan data mengikuti penurunan 1,1% pada bulan sebelumnya. Sementara untuk lebih 12 bulan, produksi di 18 negara mata uang tunggal euro itu mendatar.

"Ini adalah data yang sangat mengecewakan setelah terjadi kontraksi kuat pada Mei (yang disebabkan liburan panjang di beberapa negara)," kata Peter Vanden Houte, analis ING Bank di Brussels, seperti dilansir dari Channel News Asia, Rabu (13/8/2014).

"Untuk kuartal secara keseluruhan, produksi industri mengalami kontraksi sebesar 0,4%, bukan pertanda baik bagi pertumbuhan PDB pada kuartal kedua yang akan diumumkan besok (di mana) angka pertumbuhan 0,2% (saat ini) tampaknya di luar jangkauan," tambahnya.

Penurunan dalam produksi terutama disebabkan pelemahan dari barang tidak tahan lama sebesar 1,9% dan penyusutan 0,7% dalam energi.

"Ke depan, langkah-langkah survei terus menunjukkan pertumbuhan produksi industri yang lamban pada awal Q3, menambah tanda-tanda bahwa pemulihan Zona Euro yang lebih luas mungkin sudah mencapai puncaknya," kata Jessica Hinds, ekonom Eropa dari Capital Economics.

Kontraksi terkuat di pinggiran Zona Euro, dengan penurunan tajam terjadi di Irlandia sebesar 16,5% dan Belanda 3,0%. Sementara kenaikan moderat terjadi di Jerman tumbuh 0,2% dan Prancis 1,2%.

Secara keseluruhan di 28 negara Uni Eropa, produksi industri turun 0,1%, dan selama 12 bulan naik 0,7%.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6299 seconds (0.1#10.140)