alexametrics

KAEF Serap Capex 40% di Semester I/2014

loading...
KAEF Serap Capex 40% di Semester I/2014
KAEF serap capex 40% di semester I/2014. Foto: Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - PT Kimia Farma (Persero) Tbk (KAEF) pada semester I/2014 telah menyerap belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar 40% dari total alokasi dana yang disiapkan.

Corporate Secretary dan Direktur Keuangan Kimia Farma Farida Astuti mengatakan, serapan belanja modal tahun ini sebagian besar digunakan untuk membangun sejumlah apotek dan gerai Kimia Farma.

"Sampai akhir Juni 2014, perseroan telah menyerap belanja modal sekitar 40%. Sebagian besar untuk menambah jumlah apotek, selain itu pengadaan mesin untuk pabrik eksisiting," katanya kepada sejumlah media di Jakarta, Selasa (19/8/2014).



Emiten farmasi pelat merah tersebut, sepanjang tahun ini mengalokasikan belanja modal sebesar Rp730 miliar. Dengan demikian, selama periode Januari hingga Juni 2014, KAEF telah menyerap dana capex sebesar Rp292 miliar.

Alokasi belanja modal tahun ini akan digunakan perseroan diantaranya untuk mengakuisisi PT Asuransi Jiwa InHealth Indonesia sekitar Rp175 miliar, pengembangan 100 apotek dan gerai senilai Rp150 miliar.

Selain itu, KAEF juga menyiapkan belanja modal untuk pengembangan bisnis farmasi senilai Rp20 miliar dan pengembangan investasi lain sekitar Rp50 miliar sampai Rp60 miliar.

"Sampai akhir tahun lalu jumlah apotek Kimia Farma mencapai 520 unit, hingga semester I/2014 jumlahnya sudah bertambah menjadi 550 unit. Sedangkan akhir tahun ini jumlahnya ditargetkan mencapai 620 apotek," papar Farida.

Dia juga menjelaskan, perseroan akan mulai membangun pabrik farmasi di Bandung, Jawa Barat, pada awal tahun mendatang. Pabrik ini untuk merelokasi pabrik sebelumnya yang berada di Pulo Gadung, Jakarta Timur.
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak