IMLOW Dukung IPC Manfaatkan TSS Selat Sunda untuk Hub Port Priok

Jum'at, 03 Juli 2020 - 16:13 WIB
loading...
IMLOW Dukung IPC Manfaatkan TSS Selat Sunda untuk Hub Port Priok
IMLOW menyatakan sangat mendukung dijadikannya Pelabuhan Tanjung Priok sebagai internasional hub port. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Bagan pemisah lalu lintas atau Traffic Separation Scheme (TSS) di Selat Sunda dan Selat Lombok telah diberlakukan sejak 1 Juli 2020. Implementasi TSS itu, khususnya di Selat Sunda, diharapkan sebagai alternatif lalu lintas pelayaran ocean going dalam mendukung menjadikan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai hub port.

"Selama ini kapal-kapal berukuran besar pengangkut ekspor-impor via Priok masih harus lmenggunakan selat Malaka lantaran masih mencari muatan di wilayah pelabuhan-pelabuhan lainnya di Indonesia, maupun di Singapura karena belum direct. Jadi kalau Priok benar-benar jadi Hub dan mayoritas muatannya tersedia di pelabuhan ini, maka kapal bisa direct ke ke negara tujuan melalui jalur Selat Sunda," ujar Sekjen Indonesia Maritime, Logistitc and Transportation Watch (IMLOW) melalui keterangan pers, Jumat (3/7/2020).

Dia mengatakan, IMLOW sangat mendukung dijadikannya Pelabuhan Tanjung Priok sebagai internasional hub port, sebab hal itu bisa mengurangi kompleksitas jasa pengiriman dan memungkinkan kapal-kapal besar meningkatkan kapasitas muatanya karena adanya konsolidasi kontainer di pelabuhan yang bersifat hub port.

"Waktu transit kapal juga menjadi lebih cepat sehingga operasional kapal lebih efisien dan frekwensi pengiriman lebih maksimal," ujar Ridwan.

(Baca Juga: Pelabuhan Tanjung Priok Tetap Beroperasi di Tengah Ancaman Wabah Corona)

Dia mengatakan, untuk mendukung hub port di pelabuhan Tanjung Priok, selain mesti memiliki infrastruktur yang baik, termasuk fasilitas pelabuhan bertaraf internasional, juga mesti didukung hinterland atau daerah pendukung industri yang besar. Dengan menyandang status Internasional Hub Port, imbuhnya, maka pelabuhan harus terhubung menjalankan manajemen bisnisnya yang terkoneksi dengan seluruh pelabuhan di dunia serta beraliansi dengan global player.

"Lalu lintas di Selat Sunda memang ramai selama ini, namun dengan adanya TSS khususnya di selat itu, maka pengaturan lalu lintas kapal di selat itu wajib dijamin kelancaran, keselamatan, ketertiban dan kenyamanan bernavigasi-nya baik untuk kepentingan nasional maupun internasional. Dengan demikian, TSS di Selat Sunda bisa dimanfaatkan dalam mendukung Priok sebagai Hub Port," ucap Ridwan.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II/IPC, Arif Suhartono meyakini bahwa pemberlakuan TSS akan meningkatkan lalu lintas kapal di Selat Sunda dan Selat Lombok. IPC melihat adanya peluang ekonomi dari pemberlakuan TSS tersebut. Oleh karena itu, tegas dia, IPC siap menangkap potensi peningkatan trafik di kawasan Selat Sunda.

"Terlebih itu merupakan jalur alternatif perdagangan ke Asia Barat dan Eropa atau sebaliknya, yang selama ini lebih banyak mengandalkan selat Malaka," ujar Arif belum lama ini.

Arif menilai, tujuan utama penerapan TSS memang untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran di Selat Sunda sebagai Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I dan Selat Lombok sebagai ALKI II.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5124 seconds (0.1#10.140)