Bank BUMN Siap Hadapi MEA

Selasa, 26 Agustus 2014 - 16:06 WIB
Bank BUMN Siap Hadapi MEA
Bank BUMN Siap Hadapi MEA
A A A
JAKARTA - Ketua Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) Gatot M Suwondo menyatakan, bank-bank badan usaha milik negara (BUMN) siap menghadapi integrasi keuangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2020 nanti.

"Secara fundamental bank-bank BUMN solid. Menghadapi MEA, bank-bank BUMN siap," kata Gatot dalam Seminar Konsolidasi Perbankan Menghadapi MEA 2020 di Jakarta (26/8/2014).

Bank-bank di Indonesia, menurutnya, meski relatif lebih kecil dari sisi aset dan permodalan, namun kinerjanya masih dapat bersaing dibanding dengan bank-bank di ASEAN lainnya, baik dari sisi intermediasi. Hal itu tercermin dari tingkat Loan To Deposit Ratio (LDR) yang masih sesuai batas aman 78%-92%.

Sementara di sisi profitablitas, keuntungan industri bank di Indonesia merupakan yang paling tinggi dibanding negara-negara lain. Sebanyak 119 bank yang ada saat ini, kata dia, telah teruji dan lolos dari berbagai macam krisis. Sedangkan bank asing yang ekspansi di Indonesia, tidak bisa berkembang.

Melihat hal itu, dia berpendapat, tidak perlu dilakukan penggabungan empat bank BUMN besar untuk menghadapi MEA. Namun yang dibutuhkan adalah penyebaran layanan perbankan.

Oleh karena itu, dia mengusulkan pada regulator untuk membuka perizinan pada bank asing, namun harus didorong ke daerah luar Pulau Jawa.

"siap-tidak empat bank BUMN ini bersaing? Kita sudah menang, yang belum teruji adalah bersaing di negara tetangga, tapi mereka tutup pintu," kata dia.

Karena itu, dia berpendapat, Indonesia perlu memaksa negara-negara ASEAN lain untuk membuka diri terhadap ekspansi bank asing.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9650 seconds (0.1#10.140)