Jaga Kesehatan Keuangan Keluarga Jelang Tutup Tahun, Simak Tipsnya

Jum'at, 30 September 2022 - 19:09 WIB
loading...
Jaga Kesehatan Keuangan Keluarga Jelang Tutup Tahun, Simak Tipsnya
Ilustrasi foto/pexels/karolina grabowska
A A A
JAKARTA - Tanpa terasa tahun 2022 segera berakhir dalam waktu kurang dari 100 hari ke depan. Bagi sebagian orang atau kalangan, akhir tahun identik dengan liburan atau jalan-jalan bersama keluarga.

Hal itu sah-sah saja namun jangan lupa untuk berhitung dengan cermat agar keuangan keluarga tidak boncos dan kantong tidak kering saat memasuki tahun yang baru.

Bagi para istri atau ibu, sebagai menteri keuangan keluarga, detail mengenai kesehatan keuangan keluarga harus menjadi salah satu perhatian.

Jika sudah mulai melakukan pengelolaan keuangan atau baru akan memulai untuk dijalankan pada tahun depan, tak ada salahnya untuk mengecek kembali beberapa tips berikut ini agar manajemen keuangan keluarga tetap sehat dalam jangka panjang.

1. Buat Skema Anggaran Keluarga dan Lakukan Evaluasi
Memiliki skema anggaran keluarga akan memberikan lebih banyak kemudahan untuk mengkaji perbandingan antara pemasukan dan pengeluaran dalam satu periode tertentu, misalnya periode mingguan atau bulanan.

Biasanya, pengeluaran rutin dapat kita petakan dalam beberapa variabel utama, seperti biaya perumahan, air dan listrik, transportasi, pendidikan, serta grosir atau kebutuhan belanja kebutuhan primer.

Agar semakin efisien jelang akhir tahun, coba petakan kembali persentase masing-masing pengeluaran beberapa bulan terakhir. Apakah ada yang dapat dikurangi porsinya, atau berpotensi akan meningkat pada tahun depan.

Hitung juga rata-rata pengeluaran per bulan, dan pelajari pola pengeluaran di bulan tertentu yang lebih besar dari biasanya, misal di tahun ajaran baru anak, atau hari raya.

Jangan lupa sisihkan anggaran untuk kebutuhan tiba-tiba misal pembaruan pajak, renovasi rumah, kegiatan ekstrakurikuler anak, serta agenda spesial keluarga misal liburan akhir tahun.

Baca juga: 8 Pantai Terindah di Dunia yang Bikin Betah Liburan, Nomor 5 dari Indonesia
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1710 seconds (10.177#12.26)